Otomotif

3 Cara Memperbaiki Injektor Motor Pada Motor Injeksi

Perkembangan teknologi yang pesat di industri otomotif khususnya pada sepeda motor, membuat para produsen motor mengeluarkan motor terbarunya dengan dukungan berbagai teknologi yang canggih. Dan salah satu teknologi yang sekarang ini di sematkan pada produk semua motor terbaru yaitu sistem injeksi pada mesin motor. Dimana sistem injeksi ini dikeluarkan untuk menggantikan sistem karburator yang sudah cukup ketinggalan zaman.

Pada motor dengan sistem injeksi, perangkat yang sangat penting keberadaannya untuk mendukung kinerja mesin motor yaitu Injektor. Dimana Fungsi Injektor sendiri untuk mengabutkan dan menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran pada mesin. Ya sebenarnya fungsi dari injektor ini sama halnya dengan karburator hanya saja untuk kinerjanya yang berbeda, yang mana injektor ini lebih canggih dan bagus dibandingkan dengan sistem karburator.

Dan memang tidak bisa dipungkiri, sistem injektor ini memiliki keunggulan yang tidak di miliki sistem karburator. Kelebihan Motor Injektor yaitu konsumsi bahan bakar lebih irit, hal ini dikarenakan pembakaran yang dilakukan oleh injektor lebih sempurna dibandingkan dengan karburator sehingga konsumsi bbm nya pun akan lebih irit. Kelebihan Motor Injektor yang lainnya pemilik tidak repot melakukan setting pada injektor dan dalam melakukan servise sangat mudah dan simple.

Namun yang perlu di ingat meskipun motor injektor mempunyai banyak kelebihan, bukan berarti motor injektor tidak memiliki kekurangan. Minimnya bengkel yang menerima layanan motor injeksi salah satu kekurangan pada motor injektor. Hal ini dikarenakan bengkel biasa tidak mempunyai alat khusus untuk melakukan perawatan atau perbaikan injektor, maka dari itu jika ingin melakukan perawatan injektor harus ke bengkel resmi motor tersebut.

Melihat Fungsi Injektor yang sangat penting, sudah semestinya jika para pemilik motor injektor selalu merawat secara baik dengan cara melakukan servise secara berkala pada bengkel resmi. Karena jika injektor sudah mengalami masalah atau kerusakan maka fungsi dari injektor akan tidak optimal khususnya dalam urusan penyemprotan dan pengabutan bbm ke ruang pembakaran mesin.

Bahkan jika kerusakannya sudah berat, mesin motor tidak akan hidup. Dan jika sudah seperti ini, kita sendirilah yang akan repot dan pusing untuk memperbaiki Injektor motor kita. Dan jika kondisi mesin sudah tidak bisa hidup maka solusi yang tepat, motor kesayangan harus dibawa ke bengkel resmi untuk dilakukan perbaikan. Namun jika kerusakan injektor masih bisa diatasi kiranya masih bisa di perbaiki sendiri.

Cara Memperbaiki Injektor Motor Pada Motor Injeksi
Ada 3 Cara Memperbaiki Injektor Motor yang bisa kita lakukan jika ingin merawat dan memperbaiki injektor motor. Membersihkan injektor merupakan salah satu Cara Memperbaiki Injektor Motor yang bisa kita lakukan supaya kinerja dari injektor lebih optimal lagi. Agar lebih jelasnya, silahkan lihat ulasan Cara Memperbaiki Injektor Motor dibawah ini.

Memperbaiki Injektor Dengan Injektor Clener

Cara Memperbaiki Injektor Motor yang pertama yaitu dengan menggunakan Injektor Clener, namun cara ini cukup rumit dan hanya bisa dilakukan dibengkel resmi saja. Karena dalam pengerjaannya injektor harus dilepas terlebih dahulu lalu dimasukan ke dalam alat injektor cleacer & tester. Pada saat dimasukan ke dalam alat tersebut, kita bisa mengetahui berapa debit tekanan pada injektor jika kurang dari standar pabrikan maka kemungkinan besar injektor kotor dan harus dibersihkan dengan menggunakan cairan khusus.

Memperbaiki Injektor Dengan Infus

Cara Memperbaiki Injektor Motor yang kedua yaitu dengan membersihkan injektor dengan menggunakan infus. Adapun caranya yaitu membuat cairan carbon cleaner menjadi bahan bakar lalu di injek atau disuntikan menggunakan alat khusus seperti infus. Dimana nanti selang bahan bakar akan dicopot lalu disambungkan dengan tabung khusus yang sudah terisi carbon cleaner, kemudian tabung tersebut di beri udara yang diberi tekanan dari kompresor untuk memasukan carbon cleaner ke ruang pembakaran. Kemudian mesin dihidupkan lalu gas ditarik, Cara Memperbaiki Injektor Dengan Infus sangat cepat hanya butuh waktu 5 menit saja.

Memperbaiki Injektor Dengan Carbon Cleaner

Dan Cara Memperbaiki Injektor Motor yang terakhir yaitu dengan menggunakan carbon cleaner. Sebenarnya cara ini lebih tepatnya untuk membersihkan injektor seperti halnya dengan menggunakan yamalub carbon cleaner. Caranya yaitu dengan mencampurkan carbon cleaner tersebut ke dalam tangki bahan bakar, otomatis kotoran yang ada pada injektor akan terkikis akan hilang.

Mungkin itu saja yang bisa kami beritahukan kepada pembaca semua terkait Cara Memperbaiki Injektor Motor, cara tersebut hanya bisa dilakukan pada motor yang menggunakan sistem injeksi. (mg2)

Sumber: otosite.net

Facebook Comments