Radar Kendal

Akses Jalan ke Pelabuhan Niaga Ditutup, Ada Apa ?

Akses Jalan ke Pelabuhan Niaga Ditutup


DITUTUP – Kerap digunakan balap liar, akses jalan ke Pelabuhan Niaga ditutup Dinas Perhubungan Kendal.
NUR KHOLID MS

KENDAL – Akses jalan menuju ke Pelabuhan Niaga ditutup oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal. Pasalnya, ruas jalan beton sepanjang 500 meter itu kerap digunakan untuk aksi balapan liar.

Penutupan dilakukan dengan memasang penghalang berupa kayu dan pelat besi.
Kepala Pelabuhan Penyeberangan Kendal, Andi Rahmat, mengatakan, penutupan jalan tersebut sudah dilakukan sejak Februari 2018. Hal itu dilakukan karena ruas jalan yang menghubungkan akses ke pelabuhan itu terbukti sering disalahgunakan anak-anak muda untuk balapan liar.

Selain itu, disinyalir juga digunakan sebagai tempat pesta minuman keras. “Pengunjung yang mau ke Pelabuhan Niaga harus masuk lewat pos penjagaan sehingga bisa terpantau. Jika pengunjung nekat melakukan balapan liar, bakal kami tindak tegas, termasuk minum-minum miras di lokasi,” tandas Andi, Jumat (13/7).

Andi mengungkapkan, Pelabuhan Niaga Kendal hingga kemarin memang belum dioperasikan, sehingga penutupan akses jalan tersebut tidak mengganggu aktifitas. Dari total panjang 500 nmeter, jalan yang sudah diigit beton mencapai 450 meter dengan lebar 7 meter.

“Jalan menuju pelabuhan terdiri dua jalur, masing-masing jalur lebar tujuh meter dengan pembatas antarjalur 1,5 meter,” ungkap dia.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Kendal, AKP Edi Sutrisno, menyatakan, mengantisipasi balapan liar di kawasan pelabuhan, pihaknya rutin menggelar razia sewaktu-waktu. Balapan liar itu sangat membahayakan pengguna jalan yang lain.

“Banyak lalu lalang truk bermuatan maupun warga yang ingin menikmati suasana di pelabuhan. Rutin kami razia dan melakukan penindakan kepada warga yang melakukan balapan liar,” kata dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid MS
Redaktur: Akhmad Saefudin

Facebook Comments