Metro Pekalongan

Ivan Satu-satunya Wakil Kota Pekalongan yang Sabet Juara

M Addi Syirfan

JUARA – M Addi Syirfan, siswa SMAN Kota Pekalongan sukses menyabet juara II cabang lomba cipta puisi dalam kegiatan FLS2N tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Raih Juara II FLSN Provinsi Jateng

M Addi Syirfan, siswa SMAN 4 Kota Pekalongan sukses menyabet juara II, dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Jawa Tengah yang digelar 9-11 Juli lalu di Hotel Plaza Semarang. Ivan, demikian ia akrab disapa, sukses meraih juara II dalam cabang lomba cipta puisi.

Dengan tema ‘Upaya Meningkatkan Karakter Bangsa’, Ivan menjadi satu-satunya peserta asal Kota Pekalongan yang menyabet juara, dari 14 siswa untuk mengikuti sembilan cabang lomba.

Tak mendadak bisa menyabet juara II, Ivan sudah sejak SMP hobi berkutat dengan dunia puisi. Dibawah bimbingan guru SMP nya, Emika Sondang, ia makin memahami dunia sastra. Hasilnya, puluhan puisi sudah diciptakannya. Tak hanya puisi, kadang cerpen maupun artikel sudah sering ditulisnya.

“Suka sastra sejak pertama masuk SMP. Kemudian dibimbing guru saya di SMP akhirnya menjadi hobi. Banyak puisi yang sudah saya tulis, kadang saya simpan di file atau untuk iseng saya tulis di kertas,” tutur Ivan yang kini duduk di kelas XI di SMAN 4 tersebut.

Prestasi yang diraih Ivan, bukan yang pertama. Di tingkat Kota Pekalongan, beberapa prestasi pernah diukirnya, terkhusus di bidang sastra. Seperti juara II penulisan asal-usul kelurahan Kota Pekalongan, juara II cipta pusi dalam rangka bulan bahas yang digelar MGMP Kota Pekalongan, juara I penulisan artikel tingkat SMA, serta juara harapan II lomba penulisan skenario film pendek. Untuk saat ini, selain berkreasi sendiri ia juga dibimbing oleh guru sastra di tempatnya bersekolah yakni Nisa Muslikha.

Ivan mengaku, menjadi sastrawan memang merupakan cita-cita utamanya. Namun jika nanti tak bisa total menjadi seorang sastrawan, ia bertekad tetap ingin menggeluti dunia tersebut. “Cita-citanya menjadi sastrawan. Tapi kalau tidak bisa saya tetap ingin aktif dan produktif di dunia sastra,” tekadnya. (nul)

Facebook Comments