Radar Pendidikan

Buka Offline, SMPN 9 Kota Pekalongan Kekurangan 67 Siswa

Buka Offline, SMPN 9 Kota Pekalongan Kekurangan 67 Siswa

AKTIVITAS – Suasana santai para siswa saat menikmati masa liburan mereka di sekolah.
MALEKHA

KOTA – SMP Negeri 9 Kota Pekalongan membuka pendaftaran siswa baru secara offline. Hal ini sebagai imbas dari kurangnya siswa yang mencapai 67 hasil dari pembukaan pendaftaran PPDB online yang ditutup pada 7 Juli lalu.

Demikian disampaikan Kepala SMPN 9, Dwiani Arbiyanti, kepada Radar Pekalongan, Jumat (13/7). “Kuota kami ada 160 siswa, namun yang masuk sekitar 90an dan masih kekurangan siswa sebanyak 67. Jadi dengan seizin dari Dindik kami membuka pendaftaran offline sampai hari Jumat ini, semoga nanti ada perubahan yang signifikan,” ungkap Dwi.

Jumlah siswa yang didapat tahun ini, ia mengakui mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menurutnya akan berimbas pada rombel yang sudah tercapai sebelumnya dan mengalami kemerosotan.

“Kalau tahun kemarin kita dapat 130 siswa fix, jadi kita bagi menjadi 5 rombel. Kalau tahun ini mungkin rombelnya akan kita kurangi disesuaikan dengan jumlah siswa yang nantinya akan masuk,” imbuhnya.

Kekurangan siswa ini ia berpendapat, bahwa lulusan SD untuk tahun ajaran 2018/2019 tidak sebesar kuota yang tersedia. Jadi mungkin akan ada beberapa sekolah yang mengalami kekosongan baik negri maupun swasta.

“Selain itu, SMPN 9 juga bisa jadi menjadi pilihan ke 2, 3 atau 4 sehingga hasilya menunggu keputusan dari pilihan yang diatasnya dan ternyata diterima. Akhirnya data tidakk sampai ke SMPN 9,” terang Dwi.

Dwipun menambahkan, bahwa SMPN 9 tahun ini bersepakat untuk lebih mengedepankan penilaian sikap, meskipun nilai akademik tetap menjadi pertimbangan. Karena sikap menurutnya menjadi modal awal untuk membentuk karakter manusia yang sukses.

“Sekolah kami tahun ini pertama kali menggunakan K13, jadi menurut kami sejalan ya dengan kompetensi dasar yang ada didalam kurikulum. Apalagi penilaian sikap ini penting bagi masa depan mereka,” ungkap Dwi. (mal)

Penulis: Malekha | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments