Otomotif

Cara Mengatasi Standar Tengah Motor Matic Macet Tidak Berfungsi

Beberapa waktu lalu motor kesayangan saya Honda Vario mengalami sedikit persoalan. Namun meskipun sedikit, cukup membuat sayang pusing juga.

Masalah yang saya maksud itu adalah Standar Tengah Vario Macet Tidak Berfungsi. La kok Bisa?

Awalnya saya memang curiga dengan kondisi standar tengah motor vario saya. Sebab beberapa sudah beberapa minggu, terasa semakin berat saja ketika difungsikan untuk memanasi motor.

Kendati demikian, saya tetap membiarkannya. Dalam hati saya mengira mungkin karena karatan dan perlu dikasih pelumas, pasti langsung beres.

Akhirnya saya berikan pelumas pada seluruh bagian standar tengah, mulai dari atas, bagian mur, sampai dengan posisi Per berada. Semua saya berikan pelumas.

Setelah beberapa minggu kondisi standar tengah motor saya tersebut, bukannya membaik malah semakin buruk. Ketika saat diangkat, tarikannya sangat berat sekali. Begitu diturunkan, standarnya tidak bisa otomatis kembali ke posisi awal.

Bahkan ketika saya tarik ke atas supaya bisa kembali ke posisi awalnya, sangat berat sekali. Seperti tidak bergerak sedikitpun.

Akibatnya, setiap berkendara di atas jalan yang tidak rata, standar tengah saya itu selalu membentur jalan. Hal ini tentu membuat tidak nyaman selama berkendara dan pastinya bisa merusak standar itu jika terus dibiarkan.

Akhirnya, saya memutuskan membawanya ke bengkel. Sebenarnya sih saya ke bengkel mau ganti oli, tapi sekalian saja ingin memperbaiki standar tengah motor yang macet itu.

Ketika montir ingin mengganti oli, saya lantas bilang, “Nanti standar tengah sekalian dibenerin ya mas, biar tidak macet lagi”.

Setelah mendengar permintaan saya, sang montir berkata, “kalau standarnya macet, ini harus di las mas. Nanti ke Tukang las saja” sembari menunjukkan lokasi tukang las yang bagus.

Mendengar jawaban sang montir, dalam hati muncul pertanyaan kembali. “Kok bisa macet standar tengah ya mas?” tanya saya.

Mas Montir, ”Motor matic, khususnya Vario dan Beat standar tengahnya memang kerap bermasalah mas. Bukan kali ini saja, sudah sering sekali malah,” jawabnya.

Dari situ saya merasa jelas bahwa persoalan mengapa standar tengah motor vario bisa macet.

Cara Mengatasi Standar Tengah Vario Macet Tidak Berfungsi

Dari penjelasan mas montir di bengkel tadi saya mengerti bahwa untuk Mengatasi Standar Tengah Vario Macet Tidak Berfungsi harus di bawa ke tukang las.

Akhirnya, sesuai petunjuk dari mas montir, saya datangi tukang las rekomendasinya. Sesampainya di lokasi, saya langsung menyampaikan maksud kedatangan yang ingin memperbaiki standar tengah yang macet.

Seakan sudah biasa, bapak tukang las menjawabnya dengan satu kata disertai senyum, “Beres”.

Standar Tengah motor saya akhirnya di las, tepatnya di bagian atas yang menempel dengan motor. (saya tidak tahu namanya, maklum bukan anak otomotif).

Waktu pengelasan tidak sampai 10 menit, di sela-sela pengelas bapak tukang las memberi oli bekas pada bagian standar yang di las.

Karena besi panas dicampur oli bekas, keluarlah kepulan asap yang cukup banyak. Saya melihatnya sambil sedikit ketawa, “wah motor saya kayak kebakaran”.

Akhirnya proses pengelasan selesai juga, biaya yang saya keluarkan hanya Rp. 10.000 saja. Cukup murah lah. Setelah saya coba, akhirnya Standar Tengah bisa berfungsi normal. Bahkan menurut saya terasa lebih ringan. Jadi tidak perlu banyak tenaga untuk memfungsikannya.

Lihat saja pada gambar di atas, Standar Tengah Motor Vario Merah kesayangan saya dapat berfungsi normal kembali.

Nah bagi anda yang mengalami problem serupa, langsung saja pergi ke tukang las, maka standar tengah motor matic anda akan segera kembali seperti sedia kala.

Cara Mencegah Standar Tengah Motor Matic Tidak Macet

Agar standar tengah motor matic anda bisa berfungsi lancar dan tidak macet, lakukan beberapa hal berikut:

1. Sering-sering digunakan. Dengan begitu Standar Tengah anda akan berfungsi terus-menerus. Ketika menaruh di dalam rumah gunakanlah Standar Tengah saja.

2. Olesi pelumas. Jika terlihat berkarat segera olesi pelumas, bisa juga menggunakan oli bekas. Dengan begitu karat yang ada di Standar Tengah motor matic anda akan hilang.

3. Bersihkan kotoran yang menempel. Apabila ada kotoran yang menempel segera bersihkan bisa dengan dilap atau dicuci. Sebab berbagai kotoran tersebut dapat menyebabkan besi Standar Tengah motor matic anda karatan.

Penutup

Terlepas dari banyaknya kasus Standar Tengah motor matic yang macet dan tidak berfungsi, saya mengakui sangat jarang sekali memperhatikan kondisi Standar Tengah motor saya.

Ketika memanasi mot misalnya, saya seringnya langsung menggunakan dobel stater (maklum ingin yang simpel-simpel saja). Ketika parkirpun menggunakan standar samping.

Akibatnya, standari tengah motor saya jarang sekali berfungsi. Berbagai kotoran yang menempel akhirnya menjadi karat. Dan itu tidak saya pedulikan. Lantas jadinya begitu deh.
Oke itu saja ya kawan informasi mengenai Cara Mengatasi Standar Tengah Motor Matic Macet Tidak Berfungsi. (mg2)

Sumber: akarso.my.id

Facebook Comments