Olah raga

Wasit Argentina Pimpin Laga Final Prancis vs Kroasia

Badan sepakbola dunia FIFA baru saja mengumumkan penunjukan wasit asal Argentina, Nestor Pitana sebagai pengadil laga final Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Prancis kontra Kroasia di Luzhniki Stadium, Moscow, Minggu (15/7) nanti.

Di Piala Dunia 2018 ini, Pitana sudah ditugaskan sebanyak empat kali, yakni partai pembuka Rusia vs Arab Saudi, Meksiko vs Swedia, laga babak 16 besar Kroasia vs Denmark, serta partai perempat final Uruguay melawan Prancis.

Di final nanti, Pitana akan ditemani dua asisten yakni Hernan Maidana dan Juan Belatti, serta ofisial keempat Bjorn Kuipers dan sang asisten, Erwin Zeinstra, keduanya berasal dari Belanda.

Sementara untuk partai perebutan tempat ketiga pada Sabtu (14/7) antara Belgia kontra Inggris, FIFA menunjuk wasit asal Iran yang pernah bertugas di Liga Indonesia, Alireza Faghani sebagai pengadil.

Bertugas Sejak 2010

Karier Pitana sebagai wasit internasional dimulai pada 2010 silam. Tugas pertama Pitana di skala internasional terjadi pada ajang Piala Dunia U-17 edisi 2013 silam.

Setahun berselang, Pitana masuk dalam daftar wasit untuk Piala Dunia 2014 di Brasil. Kala itu wasit 43 tahun tersebut memimpin empat pertandingan, termasuk perempat final Prancis vs Jerman.

Pitana menjadi orang Argentina kedua yang memimpin partai puncak Piala Dunia. Orang pertama adalah Horacio Elizondo yang menjadi pengadil final edisi 2006 silam antara Italia vs Prancis.

Road to Final

Perjalanan Prancis ke partai final bisa dibilang cukup mulus. Setelah menjadi juara Grup C, Les Bleus mengandaskan tim favorit Argentina di babak 16 besar.

Tim asuhan Didier Deschamps kemudian mengalahkan negara Amerika Selatan lainnya, Uruguay di perempat final untuk kemudian memastikan satu tempat di final dengan menundukkan Belgia di semifinal.

Sementara itu, Kroasia juga tampil meyakinkan di babak penyisihan grup dengan menyapu bersih kemenangan dan menjadi juara Grup D.

Kemudian, Luka Modric cs berturut-turut menyingkirkan Denmark dan tuan rumah Rusia lewat adu penalti sebelum menang atas Inggris lewat perpanjangan waktu di semifinal. (mg1)

Sumber: Bola.net

Facebook Comments