Radar Kendal

Kabar Gembira, Tahun Depan Pasar Pagi Kaliwungu Dibangun

Dialog Pedagang Pasar Pagi Kaliwungu

DIALOG – Difasilitasi Sosiolog dan Guru Besar Undip Prof Dr KH Muhajirin Thohir Bupati Kendal Mirna Annisa berdialog dengan para pedagang Pasar Pagi Kaliwungu yang losnya terbakar.
NUR KHOLID MS

Pemkab Kendal Siapkan Dana Rp 10 M

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal memastikan bakal membangun total Pasar Pagi Kaliwungu paska terbakar Agustus 2017 silam. Rencananya, pasar akan dibangun dengan total anggaran mencapai Rp 10 miliar.

Hal itu terungkap saat saat dialog Bupati Mirna Annisa dengan para pedagang yang losnya terbakar, Rabu (11/7), di Desa Wonorejo, Kecamatan Kaliwungu. Acara itu bahkan difasilitasi langsung oleh sosiolog yang juga salah satu Guru Besar di Undip, Prof Dr Muhajirin Thohir, pun dilangsungkan di kediamannya.

Proses dialog sendiri sempat berlangsung alot, mengingat masalah yang cukup komplek. Tetapi, pedagang akhirnya mencapai kesepakatan dengan Bupati, bahwa Pasar Pagi Kaliwungu akan dibangun kembali secara total di tahun 2019.”Untuk perencanaan anggaran, insya Allah akan dialokasikan sebesar Rp 10 miliar,” kata Bupati.

Bupati menginginkan semua pedagang terakomodir, khususnya mereka yang terdampak kebakaran. Karena bakal dibangun total, maka dia menghendaki setiap pedagang nantinya mendapatkan tempat yang layak.

“Untuk sementara, bagi pedagang dibangunkan pasar darurat. Bagi pedagang korban kebakaran yang pindah ke depan yang mengganggu tempat parkir dan lokasi bongkar muat bakal ditertibkan Satpol PP supaya masuk ke lokasi pasar darurat,” terang Mirna.

Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar, Sukron Samsul Hadi, mengatakan, pedagang terdampak harus sesuai dengan kesepakatan awal dengan akan dibangun pasar darurat. Kemudian tahun 2019 awal direlokasi di halaman kecamatan dan tanah bondo desa di Desa Sarirejo. “Karena Pasar Pagi Kaliwungu akan dibangun total,” kata dia.

Sementara Prof Muhajirin meminta pedagang pasar pagi untuk bersabar. Pasalnya pemerintah Kendal akan membangun kembali pasar Pagi Kaliwungu secara total. Dia juga meminta Pemkab Kendal segera membangun pasar darurat dan menertibkan pedagang korban kebakaran.

Kepala Persatuan Pedagang Pasar Pagi Kaliwungu, Masun, berharap pihak Pemkab Kendal benar- benar memperhatikan para pedagang terutama korban kebakaran. “Kemudian merealisasikan pembangunan Pasar Pagi Kaliwungu yang baru,” pinta dia. (nur)

Facebook Comments