Radar Kendal

12 KM Jalur Tol Pemalang- Batang Masih Pengerjaan Tanah

NUR KHOLID MS
MENINJAU – Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN), Rini Soemarno Saat berada meninjau proyek pembangunan jembatan pelengkung Kalikuto.

*Harus Rampung Sebelum Musim Hujan

KENDAL – Berdasarkan hasil pamantauan yang dilakukan Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN), Rini Soemarno, ada 12 KM jalan tol di tol Pemalang-Batang masih dalam pekerjaan tanah yang belum selesai.

Hal itu diungkapkan Rini Saat berada di perbatasan Batang-Kendal, Rabu (11/7) sore disela-sela melakukan kunjungan kerja peninjauan pembangunan proyek jalan tol dari Brebes hingga Semarang.

“Saya tadi minta agar pengembang bisa rampungkan 12 KM jalan tol yang masih dalam pekerjaan tanah tersebut sebelum datang musim hujan. Soalnya kalau sudah musim hujan akan sulit pengerjaanya. Ingat September sudah masuk musim penghujan. Sedangkan target selesai pengerjaan tol tersebut yakni pada bulan Oktober, ” kata Rini Soemarno saat meninju proyek pembangunan jembatan pelengkung Kalikuto.

Dikatakan Rini, pihaknya sudah jalin komunikasi dengan Menteri PUPR agar dapat meminta pengembang mengebut pengerjaanya, pasalnya 12 KM pekerjaan tanah itu dikerjakan oleh pihak swasta yakni Sumber Mitra Jaya bukanlah PT Waskita Karya.

” Dalam pembangunan jaln tol standat menteri PUPR sangatlah tinggi. Jika proses pengerasan tanah masih jauh tentu menjadi kekhawatiran saat masuk musim penghujan,” ungkap dia.

Diungkapkan Rini, percepatan pembangunan itu tidak hanya pada pihak swast, akan tetapi pihak PT Waskita Karya juga melakukan percepatan. Karena sampai saat ini masih ada beberapa masjid dan makam yang belum dipindahkan.

“Saya yakin PT Waskita pekerjaannya mampu diselesikan pada Oktober. Tinggal pengerjaan tanah, karena masih ada masjid dan makam yang belum dipindahkan. Untuk masjid pengganti sendiri saat ini sedang dalam proses pembangunan, dan pemindahan makam akan segera dilakukan,” terang Rini.

Direktur Utama Waskita Karya, I Gusti Ngurah Putra , mengatakan, saat ini proses pembangunan Masjid sudah dilakukan dan akan selesai pada bulan Agustus. Adapun untuk makam tinggal pemindahan ke lahan baru. (nur)

Facebook Comments