Radar Kajen

Pemilih Pileg Bertambah 12 Ribuan, Kursi DPRD Tetap

Pemilih Pileg Bertambah 12 Ribuan, Kursi DPRD Tetap

JALANI TES – Sejumlah Bacaleg tengah mengikuti tes kejiwaan di RSUD Kajen, Sabtu (7/7).
DOK

KAJEN – Daftar Pemilihan Legislatif yang bakal digelar bersamaan dengan Pilpres 2019 mendatang naik hingga 12 ribuan pemilih. Meskidemikian, kuota kursi di DPRD Kabupaten Pekalongan masih tetap 45 kursi.

Hal itu dibenarkan Ketua KPUD Kabupaten Pekalongan, Mudasir, ketika ditemui di kantornya, Selasa (10/7). Menurutnya, pada Pilgub kemarin Daftar Pemilih Tetap (DPT) tercatat 714. 983 pemilih. Sedangkan dalam Pileg dan Pilpres 2019, KPUD membuat Daftar Pemilih baru yang saat ini masih bersifat sementara yaitu bertambah menjadi 728.168 pemilih.

“Untuk saat ini belum Daftar Pemilih Tetap (DPT) namun masih sementara yaitu 728. 168 atau bertambah sekitar 12 ribuan pemilih. Daftar Pemilih Sementara tersebut merupakan cikal bakal DPT dalam Pileg 2019 mendatang, karena saat ini masih ada perbaikan DPS,” terangnya.

Jadi DPS akan ada perbaikan selama dua kali. Untuk hari ini hasil perbaikannya masih sementara dan apabila sudah fix baru akan ada penetapan. Penetapan DPT Pileg Pilpres akan dilaksanakan 12 Agustus 2018 mendatang, sedangkan penetapan seri pertama dilaksanakan 22 juli 2018.

“Untuk penambahan pemilih di Kabupaten Pekalongan saat ini belum membuat penambahan kursi legislatif dan masih tetap 45 kursi. Jadi penambahan kursi secara undang – undang apabila penduduk mencapai 1 juta kuota legislatif baru bertambah menjadi 50 kursi. Kabupaten Pekalongan sendiri jumlah belum 1 juta jadi masih tetap 45 kursi,” lanjutnya.

Sementara 45 kursi nanti terbagi dalam 5 Daerah pemilihan. Untuk Dapil 1 meliputi Kajen, Paninggaran, Kandangserang kuota 7 kursi. Dapil 2 meliputi, Kesesi, Sragi dan Bojong 10 kursi, Dapil 3 Siwalan, Wiradesa, Wonokerto dan Tirto kuota 10 kursi. Dapil 4 Kedungwuni, Buaran, Wonopringgo dan Karangdadap kuota 11 kursi dan Dapil 5, Doro, Talun, Petungkriyono dan Karanganyar, Lebakbarang kuota 7 kursi.

Adapun sampai saat ini belum ada Partai Politik yang mengajukan ke KPUD, namun demikian sudah ada beberapa partai yang konsultasi untuk tata cara atau syarat pendaftaran. Diantaranya Partai Hanura dan Nasdem.

“Jadi saat ini para calon masih dalam tahap melengkapi syarat baik surat keterangan sehat atau lainnya,” imbuhnya.

Sementara untuk DPT Pileg tahun 2014 kemarin tercatat 704.715 pemilih, sedangkan untuk jumlah suara sah 408.703 dan suara tidak sah 104.483 suara.(yon)

Penulis: Triyono | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments