Radar Batang

Bacaleg Masih Sibuk Lengkapi Administrasi

Bacaleg masih Sibuk Lengkapi Administrasi

LENGKAPI ADMINISTRASI – Sejumlah Bacaleg meminta kelengkapan administrasi. Salah satunya dengan meminta Surat Keterangan Terdaftar sebagai Pemilih.
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Hingga siang kemarin, Selasa (10/7), belum ada satupun Parti Politik yang mendaftarkan bacaleg dalam bursa caleg Pileg 2019 di KPU Batang. Justru banyak di antara bacaleg yang datang ke KPU untuk berkonsultasi, ataupun meminta Surat Keterangan Terdaftar sebagai Pemilih.

Hal ini seperti disampaikan Divisi Humas KPU Batang, Cipto Hartono saat diwawancarai Selasa (10/7). Menurutnya, hingga kini belum ada satupun parpol yang mendaftarkan bacalegnya ke KPU.

“Hingga siang hari ini belum ada parpol yang mendaftarkan calegnya ke KPU. Dari kemarin hanya ada beberapa bacaleg yang ke KPU untuk berkonsultasi ataupun meminta Surat Keterangan Terdaftar sebagai Pemilih,” terang Cipto.

Diterangkan, KPU sendiri sejauh ini sudah melayani hampir sekitar 50 lebih Surat Keterangan Terdaftar sebagai Pemilih yang diminta para Bacaleg. Surat ini menjadi salah syarat yang harus dipenuhi oleh bacaleg untuk mendaftarkan diri, sesuai dengan PKPU RI Nomor 20 Tahun 2018, Pasal 7 Ayat 1 Poin j. Dimana untuk pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota harus melampirkan keterangan telah terdaftar sebagai pemilih.

Lebih lanjut, Cipto menerangkan, Surat keterangan sebenarnya dapat diperoleh melalui PPS. Hanya saja, beberapa bacaleg memilih untuk langsung mendatangi KPU agar proses pembuatannya lebih mudah sekaligus dapat langsung berkonsultasi terkait persyaratan yang lain.

“Mungkin karena ingin cepat, rata-rata mereka meminta langsung ke KPU. Kemarin aja sehari kami keluarkan 47 surat keterangan,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu bacaleg, Tofani Dwi Arianto mengaku sudah mempersiapkan syarat-syarat yang telah dibutuhkan. Ia pun sudah menyerahkan persyaratannya ke DPC PDIP Kabupaten Batang.

“Alhamdulillah semua persyaratan sudah saya serahkan ke DPC PDI-P Kabupaten Batang. Kemarin memang sempat ada kendala untuk melengkapi administrasi. Tapi Alhamdulillah sekarang sudah lengkap. Untuk hasilnya nanti semoga diberikan yang terbaik,” pungkasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Akhmad Saefudin

Facebook Comments