Radar Kajen

Halaman Depan Toko Modern Bisa untuk Pasarkan Produk UMKM

BERKEMBANGNYA toko modern harus ikut mendorong pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Santri. Demikian ditekankan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pekalongan kemarin.

“Halaman bagian depan dari toko modern selain untuk lahan parkir, bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk UMKM yang ada di Kabupaten Pekalongan,” kata dia.

Misalnya lanjut dia, satu toko modern menyediakan tempat untuk dua atau tiga UMKM, bisa meningkatkan pemasaran dari produk UMKM di Kabupaten Pekalongan.

Pada kesempatan itu, Bupati Pekalongan Asip Koholbihi juga menyampaikan mengenai soal meningkatnya jumlah UMKM tahun 2016 yang hanya 44.600, jumlah tersebut mengalami peningkatan pada tahun 2017 yang mencapai 44.689 UMKM.

Kemudian berkaitan dengan nilai ekspor juga mengalami peningkatan, tahun 2016 hanya 16.659, sedangkan pada tahun 2017 19.913.

“Pada 2016 renovasi atau revitalisasi pasar pada tahun 2016 hanya dua pasar, pada tahun 2017 mencapai tujuh pasar,” jelasnya.

Sehubungan dengan merebaknya minimarket atau toko modern, Bupati Asip Kholbihi menekankan telah melakukan penegakkan peraturan daerah yang berkaitan dengan permasalahan toko modern. (yon)

Penulis: Triyono | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments