Olah raga

Kroasia vs Inggris, Pengalaman Bisa Jadi Pembeda

Mantan pemain Kroasia, Filip Tapalovic mengaku cukup terkejut dengan kesuksesan negaranya itu di Piala Dunia 2018 Rusia. Saat ini Kroasia sudah berhasil mencapai semifinal dan akan melawan Inggris, Kamis (12/7) dini hari WIB nanti.

Pertandingan itu diprediksi akan berjalan seimbang. Kroasia sejauh ini sudah melewati banyak rintangan berat dan berhasil membuktikan kekuatan mental mereka. Di sisi lain, Inggris dengan pemain mudanya memiliki semangat yang berlebih.

Tapalovic menilai kekuatan Kroasia kali ini bukan hanya barisan pemain hebat mereka. Menutunya, yang lebih penting di format turnamen seperti Piala Dunia ini adalah kekuatan mental, dan Kroasia sudah membuktikan itu.

Semangat Hebat

Betapa tidak, untuk mencapai semifinal, Kroasia harus terlebih dahulu bermain sampai adu penalti di dua laga. Pertandingan semacam itu biasanya tak hanya menguras kekuatan fisik, melainkan mental pemain juga bisa kelelahan.

“Saya terkejut. Mereka punya tim bagus, tetapi di masa lalu mereka juga punya tim bagus dan tak bisa melangkah lebih jauh dari fase grup,” kata Tapalovic di fourfourtwo.

“Saya pikir mereka memiliki mentalitas bagus dalam tim, semangat tim memang penting untuk turnamen.

Lebih Berpengalaman

roasia dihuni oleh pemain-pemain berpengalaman yang bermain di klub terbaik seperti Luka Modric, Mario Mandzukic, Ivan Rakitic, Dejan Lovren. Sedangkan mayoritas skuat Inggris diisi oleh pemain muda, beberapa di antaranya baru sekali bermain di Piala Dunia.

Alhasil, Tapalovic percaya pengalaman para pemain senior Kroasia ini akan berperan penting pada kemenangan tim. Dia yakin Inggris tak bisa berbuat banyak mengatasi itu.

“Mereka kompak, terorganisasi dengan baik, mereka memiliki lini tengah bagus dengan Rakitic dan Modric, juga banyak pemain yang sudah memenangkan banyak trofi bersama klubnya.”

“Tidak hanya di Kroasia dengan Dinamo Zagreb, tapi juga di luar, di Prancis, Italia, Spanyol, mereka sangat berpengalaman,” tutup Tapalovic. (mg1)

Sumber: Bola.net

Facebook Comments