Radar Batang

Rp 750 Juta untuk Subsidi Akomodasi Transportasi Jemaah Haji

Rp 750 Juta untuk Subsidi Akomodasi Transportasi Jemaah Haji

PELEPASAN – Bupati Batang melepas 623 jamaah haji di Pendopo Kabupaten Batang, Senin (9/7) kemarin.
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang tahun ini menggelontorkan Rp 750 juta untuk bantuan subsidi jamaah haji di wilayahnya. Dana dari pos APBD 2018 itu diperuntukkan bagi akomodasi transportasi para jamaah.

Untuk diketahui, tahun ini total jumlah kontingen haji asal Kabupaten Batang sendiri mencapai 623 jamaah. Jumlah yang banyak itulah yang membuat pemkab harus ikut cawe-cawe membantu kemudahan para tamu Allah itu.

“Sejak 2017 telah saya anggarkan melalui APBD mulai menganggarkan untuk membayar akomodasi bus, kalau jamaah haji kita tarik iuran bisa dianggap memberatkan. Karena itu, kita bantu subsidi sebesar Rp 750 juta di tahun ini,” ungkap Bupati Wihaji, usai acara pelepasan jamaah haji di Pendopo Kabupaten Batang, Senin (9/7).

Bantuan subsidi akomodasi transportasi itu cukup membantu meringankan beban pembiayaan yang harus ditanggung mereka. Dengan Rp 750 juta, maka setiap jamaah akan mendapatkan subsidi dari pemerintah daerah sebesar Rp 1.550.000.

Suami Uni Kuslantasi ini mengatakan, penganggaran akomodasi transportasi tersebut sebagai bentuk pelayanan Pemkab kepada masyarakat yang akan menunaikan ibadah haji. Ia menjelaskan, kegiatan pelepasan haji didahulukan agar tidak mengganggu kegiatan para jamaah yang hendak berangkat.

“Saya memang sengaja untuk mendahulukan kegiatan pelepasan ini agar tidak mengganggu kegiatan lainnya yang lebih penting sebagai persiapan para jamaah,” ujarnya.

Adapun jumlah jamaah di Kabupaten Bayang sebanyak 623 jamaah, terdiri dari 302 lak-laki dan 321 perempuan. Jamaah sendiri terbagi menjadi tiga kelompok terbang ( kloter ), yakni kloter 4, 5, dan 6. Kloter 4 masuk kloter haji Donohudan 16 Juli 2018. Sedangkan 5 dan 6 masuk kloter Haji Donohudan 17 Juli 2018. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Doni Widyo

Facebook Comments