Radar Pendidikan

Kreatif, Gunakan Cara Menarik agar Siswa Tak Bosan Belajar

Kreatif, Gunakan Cara Menarik agar Siswa Tak Bosan Belajar

BELAJAR – Suasana belajar siswa SD Negeri 02 Yosorejo.
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

SIWALAN – SD Negeri 02 Yosorejo menggunakan cara menarik untuk menghindari kebosanan belajar siswanya. Sehingga bisa meningkatkan semangat siswa.

“Kami menyebutnya maskot prestasi. Sebenarnya itu inisiatif saya sendiri agar anak-anak termotivasi untuk dapat nilai bagus di setiap ujian,” tutur salah seorang pengajar SD Negeri 02 Yosorejo, Arifan Dian Gustaf.

Berbekal kedekatan dengan para siswa, ia mengaku lebih mudah dalam mengajak siswa untuk lebih semangat menjalani kegiatan pembelajaran.

“Sebenarnya caranya sederhana, jadi saya biasanya memberikan tanda di buku masing-masing anak bagi yang sudah dapat nilai sempurna. Selain itu kadang juga saya berikan hadiah kecil-kecilan untuk mereka,” jelas guru muda ini.

Tak hanya itu, ia juga sering mengajak siswa mencari suasana baru untuk menghilangkan rasa jenuh selama kegiatan belajar mengajar. Salah satu caranya yaitu menggelar pembelajaran di ruang perpustakaan. Disana para siswa akan merasakan suasana berbeda sehingga ia merasa perlu untuk sekali dua kali menggelar cara-cara unik tersebut.

Berdasarkan pengalaman, Arifan, sapaan akrabnya menuturkan, cara tersebut secara langsung maupun tidak langsung berdampak pada hasil belajar siswa. “Alhamdulillah nilai anak-anak juga mulai meningkat, dan alhamdulillah cara-cara ini mulai di terapkan di kelas-kelas lainnya,” pungkasnya. (yak)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments