Radar Pendidikan

Bersinergi, Jaga Status Sekolah Rujukan

Darsono SPd MPd, Kepala SMP Negeri 1 Wiradesa

Darsono SPd MPd, Kepala SMP Negeri 1 Wiradesa

WIRADESA – Memimpin SMP Negeri 1 Wiradesa menjadi tugas, sekaligus memiliki tantangan tersendiri bagi Darsono SPd MPd. Pasalnya status sekolah favorit sudah melekat sejak beberapa tahun lalu di sekolah yang beralamat di Jalan Ahmad Yani Kecamatan Wiradesa tersebut.

Pak Dar, sapaan karib Darsono SPd MPd menerangkan, SMPN 1 Wiradesa telah menjadi sekolah rujukan sekaligus sekolah PPK atau Penguatan Pendidikan Karakter. “Tidak setiap kabupaten memiliki sekolah PPK, Kabupaten Pekalongan punya dan alhamdulillah hanya satu di SMP sini,” ujarnya.

Untuk menuju sekolah rujukan sekaligus PPK, Pak Dar menceritakan adanya proses yang tidak mudah. “Jadi ada seleksinya secara nasional,” imbuhnya.

Beragam langkah serta upaya senantiasa dilakukan untuk terus menjaga segala prestasi yang telah diraih. Tak hanya melibatkan satu pihak saja melainkan juga harus mensinergikan beberapa elemen seperti segenap guru, siswa, orang tua, hingga alumni untuk bersama-sama mecapai prestasi tersebut.

Tak hanya menjadi sekolah rujukan dan PPK saja, SMP berjuluk Spensades tersebut juga telah sampai kepada tahap sekolah adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kini pihaknya tengah bersiap untuk melaju menjadi sekolah adiwiyata nasional. “Untuk adiwiyata kemarin kami baru sampai provinsi. Insya Allah sekarang ini kami masih akan melakukan beberapa perbaikan terutama masalah sanitasi,” imbuhnya.

Cukup banyak dikenal sebagai salah satu sekolah favorit di Kabupaten Pekalongan rupanya juga menjadi PR besar bagi pihaknya untuk mempertahankan segala yang telah diraih serta meningkatkan prestasi-prestasi baik di bidang akademik kesiswaan maupun non akademik. (yak)

Penulis: Eka Isditya

Facebook Comments