Otomotif

Tips Mengecek Rem Mobil Mulai Blong

Kecelakaan mobil sudah sanga sering terjadi. Salah satu penyebabnya bisa dikarenakan oleh kondisi rem yang tidak terawat dengan baik. Apalagi jika kondisi rem kurang sering dikontrol.

Kalau sudah demikian, sebagai pengendara sangat disarankan untuk melakukan pengecekan kondisi rem mobil secara berkala. Jika memang kondisinya sudah mengkhawatirkan, tentu akan lebih baik jika dilakukan tindakan pencegahan.

Ada cara-cara khusus untuk mengetahui performa rem mobil masih baik atau sudah mulai blong. Cara pertama adalah dengan menahan injakan pedal rem. Lepaskan lalu injak lagi hingga beberapa kali sambil mengurangi dan menambah kecepatan mobil secara perlahan. Jika daya cengkram mulai hilang saat beberapa kali injakan, maka bisa dipastikan ini adalah gejala rem mulai blong.

Apabila dirasa daya cekram rem melemah saat Anda tengah berkendara, segera kurangi kecepatan dengan menurunkan gigi perseneling secara perlahan atau dikenal dengan istilah ‘Engine Brake’. Selanjutnya usahakan untuk segera menepi secara perlahan hingga terposisikan pada kondisi yang aman.

Cara di atas sangat efektif untuk membantu mengurangi kecepatan saat rem blong. Selain itu, juga bisa mencoba dengan memainkan sedikit rem tangan dengan cara tarik-lepas beberapa kali hingga membuat kecepatan kendaraan turun.

Akan tetapi, cara tersebut akan lebih aman dilakukan apabila berada di jalan bebas hambatan. Apabila rem blong saat berkendara di dalam kota, cara darurat selain memainkan gigi perseneling dan tuas rem tangan adalah dengan terpaksa menabrakkan kendaran pada benda sekitar demi menghindari korban jiwa. (mg2)

Sumber: otosia.com

Facebook Comments