Radar Kendal

2/3 Kekuatan Polres Diterjunkan

23 Kekuatan Polres Diterjunkan

GELAR PASUKAN – Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka “Pengamanan Tahapan pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng Tahun 2018”.
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

*Amankan Pilgub Jateng

KENDAL – Kepolisian Resor (Polres) Kendal siap melakukan pengamanan tahapan pemungutan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 di setiap tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Kendal tanggal 27 Juni besok. Untuk pengaman tersebut akan disiapkan 2/3 kekuatan dengan menerapkan berbagai pola pengamanan.

Hal itu dibenarkan Kapolres Kendal, AKBP Adiwijaya, usai Apel Gelar Pasukan dalam rangka “Pengamanan Tahapan pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng Tahun 2018,” di halaman Polres Kendal, Senin (25/6).

Diungkapkan, pelaksanaan pengamanan di tiap TPS. Ada yang dengan pola 1-2-4, yakni 1 polisi 2 TPS dan 4 Linmas. Kemudian pola 1-3-6, pola 1-4-8, dan pola 1-5-10, yakni 1 polisi, 5 TPS dan 10 Linmas.

“Itu tergantung dari situasi kebutuhan di lapangan. Karena mungkin ada yang lokasinya jauh sehingga diterapkan pola pengamanan 1-2-4,” kata dia.

Apel tersebut diikuti oleh Pejabat Utama Polres Kendal, serta anggota Polres Kendal dan Polsek Jajaran yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja 2018 Polres Kendal.

Dikatakan, pengamanan dengan berbagai pola itu dilakukan bukan karena daerahnya rawan akan tetapi karena lokasi dari daerah tersebut jauh. Pengamanan tersebut juga mendapatkan backup dari TNI sebanyak satu konpi yang standbay di Polres dan Kodim. Kemudian ada pleton dalmas yang standbay di kantor.

“Lalu dibagi dibeberapa wilayah untuk mendekatkan sehingga kertika dibutuhkan nanatinya akan lebih cepat bergerak ke lokasi TPS,” ungkap dia.

Kapolres mengungkapkan, apel serpas ini sebagai kesiapan polri mengamankam tahapan pemungutan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018. Momentum ini penting karena tanggal 27 Juni 2018 akan dilaksanakan perhelatan demokrasi lokal pemilihan gubernur dan wakil gubernur. “Bulatkan tekad bersama-sama memelihara dan mengawal Pilkada aman dan damai yang dapat menjadi tauladan bagi provinsi lain,” tandas dia.

Kapolres menyatakan, dalam pengamanan pemungutan suara Pilgub Jateng 2018 Kapolres Kendal mengerahkan 550 personel dibackup dari Polda Jateng, TNI serta instansi terkait lainnya yang disebar ke 1.795 TPS di 286 desa dari 20 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Kendal.

Ia meminta agar seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan di TPS pada waktu pemungutan suara untuk mengutamakan faktor keselamatan dan pedoman standar operasional prosedur (SOP) yang ada. Lakukan tugas dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat. “Jaga kesehatan, serta tingkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selalu dilindungi dan diberi kekuatan dalam pelaksanaan tugas,” pungkas dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments