Radar Pendidikan

BTQ Jadi Program Unggulan TK Muslimat NU Podo

TK Muslimat NU Podo

BELAJAR – Siswa TK Muslimat NU Podo tengah belajar di kelas.
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

KEDUNGWUNI – Baca Tulis Quran (BTQ) menjadi salah satu program unggulan di TK Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Podo. Program ini dijalankan setiap hari dengan berpedoman pada buku bacaan Qiroati. Setiap siswa mendapatkan pembelajaran baca tulis huruf Alquran melalui program unggulan ini.

Kepala TK Muslimat NU Podo Khikayah menuturkan, program ini termasuk dalam satu kegiatan yang bertujuan mencapai visi sekolah yakni menjadikan anak sebagai pribadi yang beriman, berakhlak mulia, cerdas, terampil, mandiri, dan kreatif.

“Program unggulan sekolah kami adalah BTQ. Jadi walaupun masih TK, anak-anak sudah bisa membaca huruf-huruf Alquran, bahkan ada yang sudah jilid lima dan enam. Sebagian siswa tidak bersekolah dari TPQ, jadi pembelajaran BTQ didapatkan dari sini,” ujar Khikayah.

Selain BTQ, program keagamaan juga rutin digelar setiap hari, diantaranya pembelajaran wudhu, sholat, serta doa sehari-hari. Khikayah mengakui pembelajaran agama yang padat di TK Muslimat NU Podo tidak lepas dari pengaruh yayasan yang menaungi, yakni Yayasan Pendidikan Muslimat NU (YPMNU).

“Kami mengajak anak-anak untuk melafalkan doa-doa, supaya anak-anak mengenal dan tahu ketika melakukan suatu kegiatan harus diawali dengan doa. Karena kami berada di bawah naungan YPMNU, maka pembelajaran agama menjadi program unggulan kami, setiap hari harus ada kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan agama bagi anak,” jelasnya.

Dijelaskan, siswa TK Muslimat NU Podo berjumlah 98 anak yang dibagi ke dalam dua rombongan belajar (rombel). Dua rombel untuk kelompok A dan dua rombel kelompok B. Siswa yang masuk dalam kelompok A melangsungkan pembelajaran pada pukul 07.30 – 10.00 WIB, sedangkan siswa kelompok B belajar pada pukul 10.15 – 12.30 WIB. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments