Radar Batang

598.329 Pemilih Masuk ke DPS Pemilu 2019

Rapat Pleno Terbuka KPU Batang

RAPAT PLENO – Anggota KPU Batang didampingi perwakilan Parpol, Panwaskab dan pihak terkait saat menyerahkan hasil rapat pleno penetapan DPS Pemilu 2019 di Hotel Dewi Ratih, Minggu (17/6).
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Sebanyak 598.329 masyarakat Batang masuk ke dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2019. Hasil ini ditetapkan setelah KPU menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPS Hasil Pemutakhiran dan Penetapan DPS Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Batang, Minggu (17/6) lalu di Hotel Dewi Ratih.

Keputusan ini pun telah disepakati oleh peserta yang hadir dari berbagi kalangan dan instansi terkait. Seperti Panwaskab Batang, Disdukacapil, Perwakilan Parpol, PPK dan PSS serta undangan lainnya.

Ketua KPU Kabupaten Batang, Adi Pranoto mengutarakan, penetapan DPS sendiri ini dilakukan sesuai dengan surat edaran KPU pusat. Dimana DPS didapatkan dari hasil DPT Pilkada serentak tahun 2018 ditambahkan dengan jumlah pemilih pemula. Dimana di Batang sendiri ada sekitar 588.311 pemilih yang masuk ke dalam DPT Pilgub Jateng. Sedangkan ada sekitar 10.018 pemilih pemula yang dimasukkan ke dalam DPS.

“Sesuai dengan surat edaran dari KPU Pusat, untuk daerah yang menggelar Pilkada serentak tahun 2018, maka jumlah DPT pemilu 2019 didapatkan dari jumlah DPT Pilkada ditambah pemilih pemula. Dimana DPT Pilgub Jateng sendiri di Batang ada sekitar 588.311 ditambah adanya 10.018 pemilih pemula. Sehingga jumlah DPS sendiri ada 598.329 Pemilih,” terangnya.

Adi menjelaskan, DPS yang telah disepakati dalam rapat pleno terbuka ini nantinya akan segera diberikan ke pihak-pihak terkait mulai 18 Juni hingga 1 Juli. Secepatnya pihaknya akan menyebarkan informasi ini ke tingkat desa agar jika ada koreksi data dapat segera dilakukan revisi. Dan pihaknya sendiri rencananya akan menetapkan Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2019 Agustus nanti.

“Tadi pun sempat disampaikan koreksi-koreksi jumlah pemilih. Namun secara global jumlahnya masih sama. Hanya ada di beberapa desa ada selisih jumlah pemilih antara pemilih laki-laki dan perempuan. Namun untuk jumlah keseluruhannya tetap sama. Oleh karenanya secepat mungkin kami akan segera mengirimkan dan menyebarkan data ini ke masyarakat. Sehingga jika perlu perbaikan agar segera direvisi,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panwaskab Batang, Achmad Soeharto turut mengapresiasi kinerja KPU dan rekan PPK maupun PPS. Pihaknya berharap permasalah terkait DPS hingga menjadi DPT ini nantinya dapat diselesaikan secara berjenjang. Pihaknya ke depan berharap tetap ada koordinasi yang baik ke depannya. Terlebih permasalahan DPT bukanlah masalah sepele, karena didalamnya ada dinamika manusia yang dapat luar biasa.

“Kami apresiasi sekali kinerja KPU dan jajarannya hingga penetapan DPS kali ini. Kami harap untuk tahapan selanjutnya tetap ada sinergi dan koordinasi yang baik Apabila ada masalah dapat diselesaikan secara berjenjang. Misalnya apabila ada perbedaan data di tingkat kecamatan maka diselesaikan dulu di tingkat PPK dengan Panwascam dan lainnya. Dan ini sudah dilakukan hingga penetapan DPS kali ini. Sehingga kami harap sinergi ini dapat dilakukan terus hingga nanti,” harapnya. (nov)

Facebook Comments