Neutron Yogyakarta
Radar Kendal

Saling Memaafkan

Akhmad Junaedi, Direktur PD BPR Kendal

Akhmad Junaedi, Direktur PD BPR Kendal

MOMENTUM lebaran haruslah dijadikan hal yang sangat istimewa dimana kebesaran hati untuk saling meminta maaf dan memaafkan atas kesalahankesalahan dimasa lalu, itulah kiranya yang diungkapkan oleh Direktur PD BPR Kendal Artha Akhmad Junaedi.

Ia mengatakan bahwa lebaran bukan akhir dari ramadhan melainkan awal dari ujian yang sebenarnya karena ramadhan adalah proses belajarnya selain itu lebaran merupakan ajang membersihkan diri dengan saling meminta maaf.

“Ramadhan sebentar lagi usai ditutup dengan lebaran yang membuat kodrat sebagai manusia kembali fitri artinya suci bersih dari dosa-dosa atau kesalahan. Kalahkan ego dalam diri untuk meminta maaf kepada sanak saudara, teman, istri suami bahkan paling penting adalah orang tua. Dengan mengungkapkan kalimat Mohon Maaf Lahir dan Batin lebih dulu dibanding dengan orang lain tidak akan mengurangi kehormatan seseorang,” tegasnya.

Selain itu, pasca ramadhan menjadi ujian apakah manusia akan tetap konsisten beribadah seperti bulan ramadhan sehingga keberhasilan seseorang dapat dilihat setelah lebaran. Katanya hal itu tidak mudah karena namanya juga ujian sehingga dibutuhkan istiqomah yang konsisten sekali. (fik)

Penulis: Akhmad Taufik

Facebook Comments