Radar Pendidikan

Optimalkan Fungsi Perpustakaan Sekolah untuk Siswa

SD Negeri 01 Kepatihan

MEMBACA – Kegiatan membaca para siswa SD Negeri 01 Kepatihan di ruang perpustakaan sekolah.
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

WIRADESA – SD Negeri 01 Kepatihan kini tengah terus berupaya mengoptimalkan peran dan fungsi perpustakaan sekolah. Selain berfungsi sebagai penyedia sarana atau kebutuhan bahan bacaan siswa, perpustakaan SDN 01 Kepatihan juga telah berhasil mengajak siswanya untuk senantiasa dekat dengan bahan bacaan. Demikian disampaikan Kepala SD Negeri 01 Kepatihan, Sri Hartini SPd MPd, kepada Radar Pekalongan.

Secara terjadwal para siswa kini telah mulai membiasakan diri untuk mengunjungi perpustakaan yang terletak ditengah sekolah ini.

“Alhamdulillah setiap istirahat atau sebelum bel masuk itu anak-anak sering ke perpus, membaca disana, belajar juga,” ujar perempuan yang akrab disapa Bu Har ini.

Diceritakan, berkat berfungsinya perpustakaan sekolah yang representatif pihaknya sempat berhasil menyabet penghargaan sebagai Juara I Perpisahan Terbaik se Eks Karesidenan Pekalongan. Menurut Bu Har, merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan juga penuh perjuangan untuk mengoptimalkannya.

Dijelaskan pula, tak hanya aktivitas para siswanya di dalam perpustakaan namun juga manajemen administrasi perpustakaan juga senantiasa dijaga ketertiban serta kedisiplinannya. “Alhamdulillah untuk administrasinya juga kami cukup jeli jadi semakin terbantu,” kata dia.

Dengan capaian prestasi yang telah diraih tersebut, pihaknya tak cukup berpuas diri. Para siswa, guru, serta komponen khusus yang bertugas di perpustakaan harus dapat menjalankan perannya secara optimal. Pasalnya perpustakaan sangat penting sebagai pendukung penyelenggaraan pendidikan.

“Utamanya kami ingin mengajak siswa agar membiasakan budaya membaca. Walaupun memang mungkin untuk saat ini anak-anak terutama yang masih kelas 1-2 lebih suka dengan bacaan bergambar. Sedikit demi sedikit Insya Allah anak-anak akan lebih terbiasa membaca,” tandasnya. (mg5)

Facebook Comments