Neutron Yogyakarta
Radar Pendidikan

Pengelola Perpusdes Dimotivasi Lewat Training ESQ

Pengelola Perpusdes Dimotivasi Lewat Training ESQ

MOTIVASI – Para pengelola Perpusdes se Kabupaten Batang saat mengikuti training ESQ yang diselenggarakan PT BPI beberapa waktu lalu.
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

BATANG – Giat menggalakkan program Perpusdes, PT Bhimasena Power Indo nesia (BPI) tidak hanya menggelar pelatihan teknis pengelolaan perpustakaan.

Kali ini giliran pelatihan Kecerdasan Emosional dan Spiritual (Emotional Spiritual Quotient/ ESQ) yang digelar untuk 85 orang peserta dari 34 dari Perpustakaan Desa (Perpusdes) seKabupaten Batang, Jumat (8/6). Training diberikan oleh trainer konsultan ESQ, Agus Wiyono ST.

Pelatihan ini dilakukan bekerjasama dengan Forum Komunikasi Perpusdes Perpuseru Batang (FKP2B) untuk pengelola dan pengurus Perpusdes. FKP2B yang dibentuk dan diresmikan oleh Kepala Disperpuska Kabupaten Batang pada bulan April 2018, ini diharapkan menjadi wadah bagi 34 Perpusdes di 34 desa di Kabupaten Batang, untuk saling berkomunikasi, berbagi informasi, dan dapat meningkatkan kapasitas perpustakaan desa.

Bertepatan dengan bulan Ramadhan, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan motivasi serta memelihara semangat para pengurus desa dalam mengelola dan melaksanakan berbagai kegiatan di masing-masing perpustakaan.Fokus pengembangan kapasitas para pengelola dan pengurus Perpusdes menjadi perha tian tersendiri oleh PT BPI.

Oleh karenanya, berbagai pelatihan kerap diberikan guna meningkatkan kemampuan para pengurus sehingga pengelolaan dan pemanfaatan perpusdes dapat dioptimalkan. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Batang dalam mewujudkan desa pintar melalui program pengemba ngan perpustakaan desa.

“Program yang kami ran cang memang disesuaikan dengan program pemerin tah setempat, sehingga kami dapat bersinergi,” ungkap CSR Manajer BPI, Bhayu Pamungkas. Lebih jauh lagi, Bhayu menjelaskan keterli batan BPI dalam pengem bangan perpustakaan sudah dilakukan sejak 2015.

Bersama Disperpuska Batang dan Coca Cola Founda tion Indonesia (CCFI), me replikasi program pengemba ngan perpustakaan atau Perpuseru di 15 desa Kecamatan Kandeman, Tulis dan Subah dengan tujuan menjadikan perpustakaan desa sebagai pusat kegiatan dan belajar masyarakat berbasis Tekno logi Informasi dan Komuni kasi (TIK) guna meningkat kan kualitas hidup masya rakat berkelanjutan. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati

Facebook Comments