Neutron Yogyakarta
Radar Bisnis

Salurkan 500 Santunan Anak Yatim

KSPPS BMT An Najah

TAMPIL – Salah satu hiburan seremonial dalam mengisi acara buka bersama dan santunan anak yatim.
FAKHRUN NISA

KSPPS BMT An Najah

Koperasi Simpan Pinjam Pembiyaan Syariah (KSPPS) BMT An Najah menyalurkan 500 santunan untuk anak yatim, yang diberikan dalam acara puncak dari rangkain kegiatan Ramadan yang diselenggarakan di Taman Bebekan Kedungwuni.

Demikian disampaikan Ketua Panitia, Asep Setiawan yang juga Manajer Baitul Maal Annajah kepada Radar Pekalongan di lokasi santunan, Sabtu (9/6).

“Hari ini kami menyalurkan 500 santunan untuk anak yatim, penyerahan ini memang menjadi momen puncak kegiatan kami di bulan Ramadan, yang kami beri nama santunan yatim dhuafa dan pengajian akbar,” ungkap laki-laki yang akrab disapa Asep.

Dari 500 santunan yang dialokasikan, hanya sekitar 100 anak yang diundang dalam acara puncak ini selebihnya akan diberikan oleh Kantor Pelyanan (KP) masing-masing yang tersebar di empat titik yaitu Bojong, Wiradesa, Kauman, Kajen dan Warungasem.

“Dari 500 santunan yang disiapkan, kami hari ini hanya mengundang 100 anak saja, karena memang melihat keterbatasan tempat dan waktu yang dimiliki maka tidak semua diundang, namun sebagian alokasi yang sudah disiapkan akan tetap disalurkan melalui KP masing-masing yang tersebar dibeberapa titik yaitu KP Bojong, Wiradesa, Kauman, Warungasem dan Kajen,” imbuhnya.

Bapak dari 2 putri ini pun menambahkan, kegiatan ini sebagai upaya Baitul Maal An Najah mentashorufkan bagian dari hak anak-anak yatim, yang memang menjadi bagian program Baitul Maal infak dan shodaqoh yang dilakukan selama ini.

“Kami melihat banyak sekali anak-anak yatim yang ada di sekitar kita, baik ditataran pusat maupun KP terutama mereka terkendala dibidang pendidikan, karena memang anak yatim itu ditinggal oleh tulang punggung keluarga, jadi kami mengarahkan santunanya untuk pendidikan apalagi ini meoment kenaikan kelas,” ucap Asep.

Dalam pendampingan anak yatim, KSPPS BMT An Najah totalitas dalam pendampingan sisi jasmani dan rohani anak yatim, karena menurutnya pendampingan anak yatim tidak cukup hanya dari sisi jasmani saja, pihaknya juga merasa bertanggung jawab untuk meningkatkan dan mendampingi dari sisi ke ilmuan keagamaan, karena anak-anak yatim adalah aset untuk membawa orang tuanya ke syurga atau ke neraka.

“Selain acara santunan yang kami berikan setiap bulan dalam rangka emberikan bantuan untuk support pendidikan anak yatim, dan juga santunan yang diberikan pada acara puncak hari ini, kami juga memiliki program yang khusus bergerak meningkatkan tsaqofah pemahaman mereka terhadap agama,” tandasnya.

Asep berharap, kegiatan yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini akan terus mmengalami peningkatan, karena ini wujud kepedulian dari masyarakat untuk masyarakat serta berfungsi mengembangkan masyarakat. (mg6)

Facebook Comments