Radar Pendidikan

Selaraskan Dukungan Pengurus, Guru, Orang Tua

Mustajab, Kepala MI Salafiyah Pucung

Mustajab, Kepala MI Salafiyah Pucung

TIRTO – Suksesnya kegiatan pembelajaran rupanya tidak hanya berasal dari satu faktor. Terdapat beberapa faktor yang harus diselaraskan agar tujuan dari pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Pucung dapat tercapai.

Menurut penuturan Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Pucung, Mustajab SPdI, terdapat beberapa faktor dukungan yang harus diantaranya dari para guru, orang tua/wali siswa, pengurus yayasan pendidikan, serta faktor internal dari para siswa. “Semuanya itu harus jalan beriringan, tidak bisa sendiri-sendiri, seluruhnya saling berhubungan,” ujar pria yang kerap disapa Pak Mustajab ini, kepada Radar Pekalongan kala ditemui di kantornya.

Para guru jelas memiliki peran sebagai perantara atau pembimbing siswa dalam kegiatan belajar, begitu pula para orang tua/wali siswa harus senantiasa mendukung, membimbing, dan menjadi penasehat siswa untuk terus menjaga semangat belajar mereka. “Motivasi juga sangat penting untuk diberikan secara rutin kepada anak,” jelasnya.

Dijelaskan pula, selain peran orang tua dan guru, pihak yayasan pendidikan yang dalam hal ini ialah Lembaga Pendidikan Ma’arif Desa Pucung Kecamatan Tirto harus senantiasa berjalan seiringan dengan guru dan orang tua. “Kami selalu tekankan bahwa madrasah ini milik masyarakat, dikelola oleh masyarakat dan hasilnya juga untuk masyarakat, jadi kami semua harus bersama-sama, bersinergi,” terang pria kelahiran Desa Pucung Kecamatan Tirto ini.

Sebagai seorang kepala madrasah, ia menuturkan memiliki tugas yakni menjaga keselarasan serta kekompakan antar faktor-faktor tersebut agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan maksimal. “Yang terpenting harus menjaga hubungan baik antara siswa, guru, orang tua, dan juga pengurus,” pungkasnya.(mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments