Radar Pendidikan

Forum Anak Kabupaten Pekalongan Isi Ramadan dengan Berbagi dan Berkreasi

Isi Ramadan dengan Berbagi dan Berkreasi

KREASI – Komunitas Forum Anak Kabupaten Pekalongan (Forkap) mengajak adik panti asuhan bekreasi dengan mewarnai dan menggambar.
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

KEDUNGWUNI – Bekerja sama dengan aneka komunitas lainnya, Forum Anak Kabupaten Pekalongan (Forkap) menggelar kegiatan Ramadan Care, Minggu (10/6) di Sekitar Lapangan Bebekan Kedungwuni. Ramadan care ini menjadi kegiatan saling berbagi dan saling unjuk kreasi dengan mengajak adik-adik Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Pekajangan.

Mereka diajak menggambar dan mewarnai serta melakukan aneka game. Selain itu juga santunan untuk adik-adik panti dan pembagian nasi bungkus di sekitar lokasi untuk tukang parkir dan masyarakat sekitar.

“Acara Ramadan Care ini beraneka ragam kak. Kami juga berkolaborasi dengan berbagai komunitas seperti Forpis dan Kegiatan Ransel dari Komunitas Guru Berbagi (KGB). Tujuan dari kegiatan ini tentunya untuk saling berbagi dan memberikan inspirasi bagi anak-anak Pekalongan. Khususnya adik-adik dari panti ini. Kami harap dengan ini mereka lebih bebas berkreasi dan berkreasi sehingga dapat menyuarakan hak-hak mereka,” terangny Koordinator Kegiatan Ramadan care, Jihan Salsabila saat diwawancarai usai kegiatan.

Dijelaskan, pihkanya mengajak adik-adik dari Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Pekajangan untuk mengikuti kegiatan Ransel dari KGB. Dimana Forkap punya pos sendiri yang diberi nama mari menggambar, ciptakan warna warni bersama Forkap. Setelah salat ashar adik-adik melakukan games kecil dan perkenalan singkat. Jika berani mengenalkan diri maka adik-adik akan diberi perlengkapan menggambar gratis.

Kemudian adik-adik menuju posnya yang berada di titik tengah dan dilingkari oleh pos-pos lainnya. Mereka diajak untuk berimajinasi untuk menggambar pemandangan. Setelah itu adik-adik dan anak-anak Forkap mendapat pelatihan mewarnai dari anggota Forkap, Dzaky Hanidar, dari SMPN 1 Kajen yang juga juara 1 lomba poster yang diadakan dari Forkap tahun 2017.

“Kami juga ajak mereka untuk berkeliling ke pos lainnya diantaran pos ngerap-puisi lama yang diadakan oleh komunitas guru belajar pekalongan dan ke stand dari Insta Pekalongan. Disitu adik-adik juga diterangkan mengenai wisata yang ada di Pekalongan santunan dari pihak-pihak tertentu dan bantuan perlengkapan alat tulis yang merupakan bantuan donasi dari Forum Palang Merah Remaja Indonesia Pekalongan,” jelas alumnus SMAN 1 Kedungwuni ini.

Pihaknya berharap dengan kegiatan ini momen Ramadan dapat lebih berkah. Selain itu dapat menjalin silaturahmi dan rasa kekeluargaan. Diharapkan juga dapat mengenalkan Forkap ke masyarakat. Sehingga dapat mengajak anak-anak lain di Kabupaten Pekalongan untuk lebih menyuarakan pendapatnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments