Radar Pendidikan

SMA 2 Pekalongan Berbagi, Santuni Anak Yatim

SMA 2 Pekalongan

MENYERAHKAN – Kepala SMA 2 Pekalongan dan Ikasmada menyerahkan donasi dalam acara Smada Berbagi, Kamis (7/6).
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

KOTA – SMA 2 Pekalongan menggelar santunan bagi 142 anak yatim piatu dalam acara bertajuk Smada Berbagi pada Kamis (7/6). Bertempat di masjid sekolah, kegiatan ini mengundang 120 anak yatim dari Yayasan Al Kahfi dan Wisma Aitam Assalam serta 22 anak yatim piatu dari SMA 2 Pekalongan. Kegiatan ini digelar bekerja sama dengan Ikatan Alumni SMA 2 (Ikasmada).

Kepala SMA 2 Pekalongan, Budi Hartati MPd, menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter siswa agar mempunyai kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Dirinya ingin siswa SMA 2 Pekalongan memiliki rasa empati terhadap anak-anak yatim piatu yang tidak punya tempat tinggal dan berada dalam kondisi ekonomi lemah.

“Kegiatan ini sudah yang ke sekian kalinya, setiap bulan Ramadan SMA 2 Pekalongan mengadakan kegiatan berbagi dan berbuka bersama dengan anak-anak yatim piatu. Kami berharap siswa kami dapat merasakan dan mengetahui keadaan anak yatim sehingga mereka bisa lebih bersyukur,” ujarnya pada Radar, Kamis (7/8).

Disebutkan, setiap anak yatim akan mendapat santunan berupa beras 2,5 kg dan uang. Selain santunan, kegiatan Smada Berbagi juga diisi dengan tadarus Alquran, pengajian kultum, buka puasa bersama, dan sholat maghrib berjamaah. Kepala sekolah yang akrab disapa Budi ini mengaku sempat khawatir pada pelaksanaan kegiatan karena SMA 2 Pekalongan sempat dilanda banjir rob beberapa hari yang lalu.

“Kami sempat khawatir kalau terjadi banjir seperti kemarin, sehingga kami memutuskan untuk menggelar kegiatan ini secara sederhana. Dengan kegiatan ini kami memohon doa kepada Allah agar mendapatkan perlindungan dari segala musibah dan diberikan kemudahan dalam segala urusan. beserta anak-anak yatim piatu,” jelas Budi.

Sementara itu, Sekjend Ikasmada Cecep Surya Lesmana mengungkapkan bahwa para alumni juga turut memberikan santunan kepada anak yatim, di samping santunan dari sekolah. Menurutnya, Ikasmada selalu mendukung segala aktivitas di sekolah, terutama dalam bidang sosial.

“Menurut kami kegiatan ini perlu diapresiasi, terlebih karena dilaksanakan pada waktu Ramadan, bulan penuh berkah. Kami berusaha mendukung dengan mewadahi teman-teman yang peduli terhadap fakir miskin dan lingkungan sekitar, mulai dari angkatan pertama sampai angkatan terbaru yang ke-32,” tandas Cecep, sapaan akrabnya. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments