Radar Batang

Mudik, Masyarakat Berbondong-bondong ke Disdukcapil

Rekam KTP

LAYANI – Para petugas Disdukcapil melayani para masyarakat yang mudik ke Batang yang ingin melakukan pengurusan kelengkapan dokumen kependudukan, Senin (11/6).
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Momen mudik kali ini dimanfaatkan warga Batang untuk mengurusi dokumen kependudukannya. Hal ini seperti yang dilakukan Ningrum (33), warga Desa Masin Warungasem. Bahkan seumur hidupnya ia belum pernah melakukan perekaman KTP-el lantaran baru sempat mudik ke Batang.

“Iya hari ini saya baru melakukan perekaman KTP el. Meski sudah lama ada saya baru sempat merekam, soalnya baru kali ini pulang ke Batang. Mau pulang sibuk terus dan kalau mau ngurus kayak gini lupa mbak,” terang perempuan yang menjadi buruh di Ibukota ini.

Tak hanya perekaman KTP-el, masyarakat juga memanfaatkan momen untuk memperpanjang surat keterangan (suket) pengganti KTP. Seperti yang dilakukan, Joko Milono asal Selopajang Barat Blado. Ia memanfaatkan libur lebaran ini untuk memperpanjang suketnya yang sudah tak berlaku.

“Suketnya diperpanjang, karena sudah tidak berlaku. Kan masa berlakunya cuma enam bulan. Supaya nanti kalau balik ke sana sudah mudah urusannya. Alhamdulillah meski sudah pada libur pelayanannya tetap buka,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Batang, M Abdul Rohman menerangkan, pihaknya memang menerapkan pelayanan jelang dan pasca Ramadan. Pasalnya hal ini memang anjuran dari provinsi untuk melayani permintaan masyarakat. Terlebih di momen seperti ini minat dan antusias masyarakat lebih tinggi. Apalagi menjelang pelaksanaan Pemilu Gubernur dalam waktu dekat ini.

“Kami memberikan pelayanan karena bisa dilihat antusias masyarakat juga sangat tinggi. Dan tak hanya di Batang sebenarnya karena se Jawa Tengah ada pelayanan macam ini juga. Khususnya untuk dokumen-dokumen yang urgent, seperti KTP-el, KK, akte dan lainnya,” terangnya.

Ditambahkan selama libur lebaran ini pihaknya membuka layanan mulai dari 11-14 Juni. Kemudian mulai kembali pada 18-20 Juni. Pelayanan sendiri dimulai pukul 09.00-14.00 WIB, dengan istirahat mulai jam 12.00-13.00 WIB.

Untuk hari pertama ini puluhan masyarakat sudah terlihat mengantre di ruang tunggu. Dua jam setelah pelayanan dibuka, pihaknya hingga pukul 11.000 sudah memperpanjang 14 Suket, 4 Perekaman KTP-el, 3 Pengurusan berkas KK, dan 13 akta kelahiran. (nov)

Facebook Comments