Neutron Yogyakarta
Radar Batang

Momentum Arus Mudik Harus Dikelola

Drs Sidqon Hadi

Drs Sidqon Hadi

BATANG – Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Batang diminta bersama-sama menyambut arus mudik dan balik lebaran 2018 dengan baik. Sebab, ribuan pengendara yang melintasi wilayah Batang adalah peluang yang bisa dikelola untuk mempromosikan potensi daerah, dari pariwisata sampai produk unggulan lokal.

“Lebaran tahun ini mungkin sebagian besar pemudik memilih gunakan tol fungsional dan sebagian kecil yang melintasi jalur pantura. Tetapi ini tetap jadi peluang kita untuk memberikan pelayanan yang baik bagi mereka,” ungkap anggota Komisi D DPRD Batang, Drs Sidqon Hadi, Senin (11/6).

Momentum tahunan itu menurut dia harus disambut dengan semangat melayani. Apa yang bisa dilakukan untuk membantu kelancaran arus mudik tidak saja bernilai ibadah, tetapi juga menjadi investasi berupa citra diri Kabupaten Batang yang positif.

“Sejauh ini, pemerintah daerah mungkin telah melakukan banyak hal untuk membantu kelancaran pemudik sekaligus mengupayakan kenangan tentang Batang tidak menguap begitu saja di benak para pelintasnya. Termasuk memasang banyak spanduk di sepanjang ruas tol Batang,” terang Sidqon.

Namun peluang itu masih terbuka lebar. Sidqon menyebut beberapa titik exit tol, seperti Gringsing berpitensi mengalami kemacetan. “Artinya, saat pengguna jalan keluar dari tol menuju pantura kondisinya mungkin lelah dan butuh istirahat. Ini bisa jadi peluang yang baik. Rambu penunjuk arah misalnya, adalah hal kecil yang bisa berdampak besar kalau dikelola dengan baik,” ujarnya.

Sidqon berharap penggunaan tol tidak benar-benar mematikan Kabupaten Batang. Terlebih ada 3 exit tol yang bisa dimanfaatkan, yakni Candiareng, Kandeman, dan Gringsing. (sef)

Facebook Comments