Neutron Yogyakarta
Radar Kajen

Kedungwuni Titik Krodit Lokal

Kedungwuni Macet

ANTREAN KENDARAAN – Antrean kendaraan cukup panjang terjadi di Perempatan Podo Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, sore kemarin.
MUHAMMAD HADIYAN

Arus lalu lintas Kedungwuni menjadi titik kemacetan lokal di Kabupaten Pekalongan. Jalur yang padat kendaraan itu diprediksi semakin meningkat seiring berlangsungnya arus mudik Lebaran 2018 ini.

Pantauan Radar Pekalongan, kemarin, antrean kendaraan yang merayap terjadi di perempatan Podo dan di perempatan Bligo Kedungwuni. Kondisi ini terjadi setiap sore hari.

“Hampir setiap sore di jalur-jalur tersebut macet. Sebab, sore hari aktivitas kendaraan meningkat,” kata Slamet (30), salah seorang pengguna jalan asal Kedungwuni, kemarin.

Dikatakan, tak sedikit pengguna jalan, khususnya sepeda motor, melewati jalur-jalur tikus di gang perkampungan, untuk menghindari kemacetan. “Kalau macet panjang, biasanya pemotor banyak yang belok ke gang. Mencari jalan-jalan tembus untuk menghindari kemacetan. Seperti yang saya lakukan sekarang,” kata dia, kemarin.

Menurutnya, perlu adanya rekayasa pengaturan di jalur padat tersebut agar tidak terjadi kemacetan fatal di kemudian hari.

Sementara Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan membenarkan, bahwa wilayah Kedungwuni menjadi jalur lokal dengan tingkat krodit tinggi pada musim mudik lebaran ini. Meski demikian, pengamanan arus mudik di Pekalongan diperhatikan secara keseluruhan dan maksimal, baik tol maupun Pantura. Seluruh personil juga telah siap pada jalur perbatasan Pemalang dan Kota Pekalongan.

“Selain titik kemacetan lokal di Kedungwuni, kami juga telah melakukan antisipasi kemacetan di wilayah pantura, seperti di Pom Bensin Kauman Wiradesa, Pasar Wiradesa, dan pantura perbatasan Kota dan Kabupaten Pekalongan,” jelas Wawan, kemarin.

Antisipasi ini dilakukan salah satunya dengan penempatan personel di titik-titik krodit yang ada di Kota Santri.
“Di tol kita juga sudah tim urai,” kata dia.

Terpisah, Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Muhammad Ridha juga menyatakan, pihaknya telah menyiapkan patroli dan akan bersama Polres serta Pemkab melakukan pengamanan baik kemacetan maupun kejahatan yang terjadi. (yan)

Facebook Comments