Neutron Yogyakarta
Radar Pendidikan

Berbagi Zakat Jadi Puncak Pesantren Ramadan SD Muhammadiyah 01 Pekajangan

SD Muhammadiyah 01 Pekajangan

MENYERAHKAN – Perwakilan siswa SD Muhammadiyah 01 Pekajangan menyerahkan zakat kepada takmir mushola.
FAKHRUN NISA

PEKAJANGAN – SD Muhammadiyah 01 Pekajangan mengadakan kegiatan berbagi zakat sebagai puncak kegiatan Pesantren Ramadan. Penyerahan takjil zakat fitrah dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Kajian dan Buka Puasa Bersama pada Rabu (6/6) lalu. Selain itu, kegiatan juga diisi dengan sholat Maghrib berjamaah serta sholat Isya dan Tarawih berjamaah.

Kepala SD Muhammadiyah 01 Pekajangan, Suprapto, menuturkan takjil zakat fitrah diserahkan kepada takmir mushola yang ada di sekitar sekolah serta masyarakat dan anak-anak yang kurang mampu. Siswa diajak terjun langsung dalam penyerahan dan pembagian zakat.

“Alhamdulillah SD Muhammadiyah 01 Pekajangan Full Day School Program Alquran bisa menggelar kegiatan kajian menjelang berbuka puasa, dilanjutkan sholat Maghrib berjamaah, sholat Isya dan Tarawih berjamaah, dan diakhiri dengan pembagian takjil zakat fitrah,” ujar Suprapto.

Dijelaskan, rangkaian kegiatan tersebut digelar sebagai puncak Pesantren Ramadan yang telah dilaksanakan sejak 21 Mei lalu. Menurut Suprapto, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan sifat-sifat teladan baik di dalam diri siswa.

“Kami ingin mengembangkan nilai-nilai teladan dalam melaksanakan kegiatan di bulan suci Ramadan, serta menanamkan pemahaman berzakat fitrah kepada siswa-siswa sejak dini, agar mereka memahami kewajiban sebagai seorang Muslim,” jelasnya.

Bagi Suprapto, kegiatan penyerahan takjil zakat fitrah juga menjadi ajang untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi antara internal keluarga besar SD Muhamamadiyah 01 Pekajangan dengan masyarakat sekitar. Dirinya berharap kegiatan ini mendapatkan rahmat karunia dan ridho dari Allah SWT. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments