Neutron Yogyakarta
Radar Pendidikan

Ngaji on The Street hingga Bagi Takjil

Forjas SMKN 1 Batang

KREATIF – Acara ngabuburit yang digelar Forjas SMKN 1 bersama Iqro Club Batang terbilang kreatif, karena diisi dalam kegiatan pengajian jalanan hingga bagi takjil.
AKHMAD SAEFUDIN

*Forjas SMKN 1 Batang

BATANG – Aksi kreatif dilakukan komunitas Forum Kajian Islam (Forjas) SMKN 1 Batang dengan memanfaatkan momentum ngabuburit, Jumat (8/6) sore lalu. Selain mengisinya dengan aktivitas positif yang dilakukan di jalanan, mereka juga menggelar aksi bagi takjil di ruas Jl Veteran.

Acara digelar dengan menggandeng Iqro Club Kabupaten Batang. Jadilah, tradisi ngabuburit yang biasanya identik dengan jalan-jalan menunggu waktu berbuka berhasil dikemas dalam beberapa kegiatan yang bermanfaat. Mereka menggelar kajian di jalanan Veteran yang dinamai Ngaji on The Street (Ngaos), hiburan seni rebana, dan dipungkasi dengan aksi berbagi takjil bagi pejalan kaki serta pengguna jalan sepanjang Jl Veteran.

Ketua Forjas SMKN 1 Batang, Alfansyah, mengatakan, aksi bagi takjil itu menjadi puncak dari rangkaian kegiatan yang mereka laksanakan selama ramadhan. Sebelumnya ada pesantren kilat ramadhan di sekolah.

“Ini momentumnya juga pas sekali, karena paginya anak-anak baru menerima raport kenaikan kelas dan Sabtu besok sudah mulai masa libur panjang. Jadi, sebelum libur kita buat acara yang berkesan dan manfaat,” ungkapnya.

Ketua Iqro Club Batang, Kuswanto, pun mengapresiasi kerjasama dengan dibangun Forjas SMKN 1 Batang. Bahwa setelah proses pelajaran satu tahun sekaligus menyambut liburan, para pelajar masih sempat melakukan hal-hal yang positif dan manfaat.

“Bahkan, mereka bisa ngabuburit dengan kegiatan yang positif. Tradisi baik ini semoga bisa diagendakan rutin, sehingga para pelajar terbiasa melakukan hal-hal positif dengan cara-cara nan kreatif. Kami di Iqro Club sangat menyambut baik kegiatan ini dan siap mendukung aktivitas positif yang dilakukan pelajar Batang,” terangnya. (sef)

Penulis: Akhmad Saefudin | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments