Neutron Yogyakarta
Lain-lain

Xiomi YI, Action Cam Dengan Hasil yang Wow

.Datang lagi mainan baru buat dieksekusi. Kali ini giliran Xiaomi YI yang rilis sempat menghebohkan dunia fana maya, karena menggunakan prosesor yang serupa dengan GoPro Hero 3 (Ambarella A7), Sensor CMOS Sony, dan tentunya harga yang bikin siapapun melongo. 69 US$ kala itu hingga sekarang. yang fungsional banget. semoga flash sale Mi4i besok 2 juni 2015 kebagian sehingga layak jadi XIaomi Fans Garis Keras dari yang semula Fansboy Apple ASUS.

Kemasan

Seperti halnya produk Xiomi lain , kotak Xiomi minimalis banget , konon kuat juga , bahkan pernah diinjak manusia dewasa , tapi boleh jadi pembeda di banding produk lain.

Package

Sama seperti kotaknya, dalemannya pun juga sangat minimalis. TIDAK ADA kepala charger. Jadi yang diperoleh hanya kabel data pipih (yang lebih tahan kusut & putus dibanding kabel bulat), baterai, Xiaomi YI, dan buku petunjuk dalam bahasa mandarin tanpa ada bahasa Indonesia maupun Inggris. Jadi ya terpaksa learning by doing

Fisik

Build Quailitynya ajib sekali, paten lah pokoknya. Material plastiknya mirip-mirip dengan SJCAM maupun Gopro. Untuk tombol hanya ada 3 yakni Power (beserta Ring Led yang akan menyala), Wifi di samping, serta tombol shutter di atas. DI bagian belakang tersedia slot mini HDMI, micro USB, TransFlash/MicroSD, serta baterai yang tertutup plastik sewarna bodi.

Software Bawaan (YI Cam)

Ini rada bikin mengkeret dahi, meskipun sudah bahasa inggris tampilannya namun saat ada alert yang nongol bahasa mandarin. Dalam hal streaming antara Xiaomi YI dan HP (Zenfone 5), pertama tama memang lag parah tapi lama kelamaan cukup lancar meskipun ada gap seper sekian detik. Yang jelas lancar banget, beda banget pas pake SJCAM yang ngelagnya parah.

Kualitas Gambar & Vidio

Serius deh, baru kali ini nemu action cam harga segini tapi kualitas serupa dengan GoPro. Memang untuk wide, masih jauh kalah dibanding rekan rekannya (GoPro, Drift, Sony AS series, SJCAM, iSaw, dll). Xiaomi hanya 155 derajat, sedang view angle yang lain sudah 170 derajat. Kedepan mungkin saya akan gantikan lensa bawaan dengan lensa GoPro Aftermarket.

DCIM100MEDIA

Video Test w/ Chest harness

Satu fitur unik dan functional sekali yakni Lens Rectification. Begitu dinyalakan, fitur ini akan membuat hasil foto maupun video yang direkam tidak terlalu melengkung. Cocok banget bagi yang doyan selfie maupun foto arsitektur. Kebayang dong sakitnya dimana bagi orang di deket ujung frame, melengkung bro.

Baterai

Untuk yang hal 1 ini belum saya tes lebih jauh mengingat kesibukan shooting saya . Tapi dalam 1 jam nontsop take video dan foto baterai masih 72% , dengan settingan default dan lampu led semua aktif . Luamayan irit, mengingat tidak ada lcd di belakang seperti halnya sj4000.

Harga

mengenai harga, 1,3 jt untuk yang simple pack, dan 1,45 jt yang travel pack

Sumber : aluvimoto.com

Editor    : Budi Prasetiono (SMK GATRA PRAJA KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments