Lain-lain

Review Smartphone: Asus ROG Phone

Desain

Dalam banyak hal, desain ponsel cerdas menjadi sangat stagnan dan membosankan, tetapi itu tidak terjadi di sini. Telepon ROG, seperti yang Anda duga, cukup eksentrik dan tidak konvensional.

Sementara Ponsel Razer yang ramping dan tersembunyi dengan desain hitamnya yang persegi, Ponsel ROG tidak bisa jauh lebih berbeda. Selain bentuknya yang lebih bundar, ada banyak hal yang terjadi.

Meniru banyak produk lain dari seluruh portofolio, ROG Phone memiliki banyak elemen mencolok untuk menarik perhatian – begitu banyak sehingga sulit untuk mengetahui di mana harus mencari terlebih dahulu.

Ada bentuk yang tidak biasa di mana-mana, dari kaca di sekitar kamera hingga pemindai sidik jari. Kemudian ada benjolan yang cukup besar di sampingnya, lengkap dengan tembaga terbuka, yang cocok di bagian depan untuk speaker stereo.

Dan ya, logo ROG yang ikonik di belakang menyala dengan lampu Aura RBG yang dapat disesuaikan.

Apa yang tidak dapat Anda lihat di sini adalah ruang uap GameCool 3D yang membantu mendinginkan perangkat. Ini bersama dengan penyebar panas tembaga (kami tidak berpikir ini adalah apa yang dapat Anda lihat di belakang) berarti 47 persen meningkatkan efisiensi pendinginan CPU, menurut Asus.

Jika itu tidak cukup, perangkat dilengkapi dengan pendingin AeroActive di kotak. Ini memiliki kipas dan klip ke telepon melalui port USB kustom yang tampak agak jelek di samping.

Tidak hanya menambahkan kipas yang dapat dikontrol, tetapi juga port USB-C dan headphone sehingga Anda dapat tetap tersambung tanpa kabel yang menghalangi Anda saat sedang bermain game lanskap. Itu ide yang cukup rapi dan juga mendapat logo yang menyala.

Juga tersembunyi adalah satu set ‘sensor sentuhan AirTrigger ultrasonik’. Dua di antaranya digunakan untuk tombol bahu saat permainan lanskap sementara yang lain digunakan seperti HTC U12 atau Pixel 2 XL sehingga Anda dapat menekan ponsel ketika dalam orientasi biasa.

Mereka hanya membutuhkan sentuhan ringan – 20g di mana orang lain dapat membutuhkan empat kali lebih banyak kekuatan – dan sepenuhnya dapat disesuaikan sehingga Anda dapat memanfaatkannya sebaik mungkin. Kedengarannya hebat, tetapi kami perlu lebih banyak waktu untuk menguji mereka untuk mengatakan apakah mereka benar-benar nyata atau tidak.

dan fitur tersembunyi lainnya adalah ‘haptics getaran lanjutan’ sehingga Anda dapat merasakan, misalnya, apakah tembakan yang dipecat berasal dari kiri atau kanan.

Telepon ROG kira-kira berukuran sama dengan Telepon Razer, jadi itu cukup besar dan juga berbobot 200g. Itu lebih dari sebagian besar ponsel cerdas tetapi lebih mudah dipahami di sini mengingat semua yang terjadi dan kami tidak menemukan masalah berat selama waktu kami.

Port USB khusus yang kami sebutkan sebelumnya juga digunakan untuk menghubungkan ponsel ke berbagai aksesori. Ini termasuk Mobile Desktop Dock sehingga Anda dapat terhubung ke monitor, keyboard, dan mouse.

Ada juga kontroler Gamevice yang dapat melakukan streaming ke TV Anda melalui dermaga Asus WiGig yang menggunakan 11ad WiFi dan Dock TwinView (di bawah) yang berfungsi seperti Nintendo DS untuk memberi Anda dua layar.

Spesifikasi Dan Fitur

1.Layar

Layar 6in yang besar masuk akal di sini, untuk memberi Anda sebanyak mungkin real estat game. Lagi pula, ada gunanya jika Anda tidak dapat benar-benar melihat apa yang Anda lakukan atau siapa yang Anda rekam.

Asus telah menggunakan pendekatan berbeda untuk Razer. Jadi, bukannya panel LCD 120Hz, Telepon ROG memiliki layar AMOLED 90Hz dengan waktu respons 1ms. Mana yang lebih baik masih bisa diperdebatkan, tetapi selama kita tangan itu masih halus.

Perlu diperhatikan bahwa tingkat penyegaran dikunci hingga 90Hz sehingga Anda tidak dapat, seperti Telepon Razer, mengubahnya berdasarkan aplikasi yang Anda gunakan.

Layar, seperti sekarang ini, memiliki aspek rasio 18: 9 dan resolusinya Full HD + (1080×2160) menghasilkan 402ppi yang layak. Itu mungkin lebih rendah daripada Telepon Razer, tetapi cukup untuk terlihat sangat renyah dan bahkan dapat membantu beberapa game berjalan lebih baik.

Layar, seperti sekarang ini, memiliki aspek rasio 18: 9 dan resolusinya Full HD + (1080×2160) menghasilkan 402ppi yang layak. Itu mungkin lebih rendah daripada Telepon Razer, tetapi cukup untuk terlihat sangat renyah dan bahkan dapat membantu beberapa game berjalan lebih baik.

2.Procesor,Memori Dan Penyimpanan

Telepon ROG terus mengesankan ketika datang ke spesifikasi inti. Mereka termasuk yang terbaik yang pernah kami lihat di ponsel cerdas.

Sebagai permulaan, ia memiliki versi tercepat dari Qualcomm Snapdragon 845 yang tersedia. Asus mengatakan ini telah ‘speed-binned’ menjadi 2.96GHz – biasanya 2.8GHz.

Tambahkan bahwa ada RAM 8GB sebagai standar dan ini adalah sejumlah besar daya mentah yang kuat. Asus mengklaim itu datang atas tolok ukur seperti AnTuTu, Geekbench dan 3DMark.

Telepon ROG juga akan dilengkapi dengan setidaknya 128GB penyimpanan tetapi juga akan ada model dengan kekalahan 512GB. Tidak ada slot kartu microSD, jadi kami berharap kami mendapatkan kedua kapasitas di Inggris.

3.Camera

Dengan fokus pada game, Asus hampir tidak menarik perhatian pada kamera – sesuatu yang biasanya penting pada telepon modern.

Telepon ROG memang memiliki kamera belakang ganda, meskipun, pada 12Mp dan 8Mp. Ini tampaknya merupakan pengaturan yang sama dengan ZenFone 5 dengan kamera kedua yang menawarkan tampilan 120 derajat yang luas , Di depan adalah kamera 8Mp yang cukup standar.

Kami perlu lebih banyak waktu untuk menguji kamera dengan benar, tetapi ketika mereka kelihatannya tidak akan menantang kamera ponsel terbaik di luar sana, fokus di sini adalah game bukan fotografi

4.Konektivitas Dan Audio

Kami telah menyebutkan pemasangan port USB bawah dan samping yang tidak biasa di bagian desain di atas, tetapi masih ada lagi yang perlu dibicarakan dalam hal konektivitas.

Telepon ROG dilengkapi dengan spesifikasi terbaru seperti NFC, GPS, Bluetooth 5.0 dengan aptX HD dan susunan sensor yang biasa Anda temukan di hampir semua ponsel seperti cahaya dan kedekatan.

Ada juga Wi-Fi 11ac / ad ganda dan hingga 1.2Gbps LTE (Cat 18) berkat modem Qualcomm X20.

Di sisi audio hal-hal adalah jack headphone (plus sisi satu melalui pendingin dilepas disebutkan sebelumnya), DTS Headphone: X dengan 7.1 virtual surround sound dan dukungan Hi-Res Audio.

Namun, sorotan adalah speaker stereo menghadap depan yang dilengkapi dengan ‘penguat cerdas’. Setelah waktu yang tepat, mereka dengan mudah menjadi yang paling kuat yang pernah kami dengar di telepon.

5.Daya Tahan Baterai

Seperti Telepon Razer, Telepon ROG memiliki baterai 4000mAh yang besar – ketika 3000mAh adalah rata-rata untuk sebuah smartphone pada tahun 2018.

Berapa lama akan berlangsung, terutama saat bermain game, adalah pertanyaan besar – terutama dengan kecepatan tinggi Snapdragon 845 dan tingkat tinggi yang segar di layar. Asus mengatakan Anda akan mendapatkan 11 setengah jam pemutaran video dan tujuh jam permainan, keduanya melalui Wi-Fi.

Jika cepat habis, ada beberapa teknologi yang terdengar mengesankan di sini dalam hal pengisian daya. Meskipun rumit, ini tergantung port USB mana yang Anda gunakan.

Port tradisional di bagian bawah mendukung Qualcomm Quick Charge 3.0. Namun, port sisi kustom mendukung hingga Quick Charge 4.0 dan charger langsung HyperCharge dari Asus, yang dapat membuat ponsel menjadi 60 persen hanya dalam waktu 33 menit.

Meskipun memiliki penutup belakang kaca, Telepon ROG tidak mendukung pengisian daya nirkabel.

6.Perangkat Lunak Dan Aplikasi

Model yang kami amati menjalankan perangkat lunak Android 8.1 Oreo terbaru. Ia juga menggunakan antarmuka ROG Gaming UI milik Asus yang terlihat sangat sesuai untuk gaya ponsel.

Secara keseluruhan, tampaknya cukup stok Android meskipun terlihat sangat berbeda karena elemen seperti paket ikon. Sepertinya tidak ada banyak bloatware, meskipun ini dapat berubah saat perangkat diluncurkan, terutama melalui jaringan.

Asus menambahkan Game Center yang memberi Anda gambaran tentang sumber daya sistem dan ini juga di mana Anda dapat menyesuaikan kecepatan kipas dari AeroActive Cooler.

Ubah Telepon ROG menjadi ‘X Mode’ dan itu akan membebaskan semua RAM sehingga Anda dapat menggunakannya untuk bermain game dan memberi Anda kinerja maksimal dari prosesor 845.

Harga Dan Ketersediaan

Tidak ada harga untuk Telepon ROG, untuk pasar apa pun, karena sangat bergantung pada hal-hal seperti kapasitas apa yang tersedia dan faktor-faktor seperti jaringan seluler.

Telepon ROG memiliki satu pesaing utama, Telepon Razer yang berharga 9jutaan. Jadi Asus harus tetap dekat dengan ini untuk bersaing tetapi kami tidak akan terkejut jika Telepon ROG sedikit lebih.

Kesimpulan

Kesimpulannya, ROG Phone memang smartphone yang khusus dibuat untuk bermain game. Meski desainnya tak benar-benar berbeda dari smartphone pada umumnya, spek yang ditawarkan memang gahar. Serta deretan aksesorisnya bisa bikin gamer ketagihan.

Karena itu, perbedaan ROG Phone dengan smartphone lainnya baru benar-benar terlihat jika bermain dengan perangkat tambahan yang diluncurkan khusus untuk ROG Phone

Sumber : techadvistor.co.uk

Editor : Muhammad Iqbal Riyanto (SMK GATRA PRAJA KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments