Elektronik

Review Televisi: Samsung QLED TV (65Q9FN)

Desain

Sekilas, 65Q9FN tidak selalu terlihat seperti TV unggulan – sangat tidak biasa dengan standar modern, dan meskipun bingkai di sekeliling layar lebih sesuai tren, ini lebih bersahaja dengan warna gelap dan hasil akhir yang diredam. Stand bergaya bar tunggal juga lebih banyak tentang minimalis daripada pamer.

Semakin lama Anda hidup dengan itu, semakin desain 65Q9FN tumbuh pada Anda. Terutama ketika Anda mengetahui bahwa sebenarnya ada alasan yang sangat bagus untuk pendekatan yang terang-terangan minimalis dalam bentuk Ambient Mode baru. Pada pandangan pertama, 65Q9FN tidak selalu terlihat seperti TV unggulan – itu sangat chunky oleh standar modern, dan meskipun bingkai langsung di layar lebih pada tren, itu agak bersahaja dengan warna gelap dan selesai diredam. Stand bergaya bar tunggal juga lebih banyak tentang minimalis.

Ini memungkinkan Anda mengganti layar hitam kosong yang biasa Anda hadapi ketika Anda tidak menonton TV dengan salah satu kumpulan karya seni digital yang telah dimuat sebelumnya, atau salah satu dari foto Anda sendiri. Anda bahkan dapat mengambil foto cat atau wallpaper Anda dan memiliki yang muncul di layar, sehingga satu-satunya bagian dari TV yang menonjol ketika dilihat dari depan adalah bingkai ultra-ramping.

Jika Anda khawatir tentang tagihan listrik yang besar, jangan takut: Mode Ambien dirancang untuk mengkonsumsi listrik minimal. Meskipun Anda juga dapat meningkatkan kecerahan layar jika dampak gambar lebih berarti bagi Anda daripada konsumsi listrik Anda.

Tentu saja, semua kecanggihan Mode Ambien ini akan kurang efektif jika TV memiliki gulungan kabel yang memuntahkannya. Untuk mendapatkan ini, Samsung menggunakan kotak koneksi eksternal yang terhubung ke layar hanya dengan satu kabel tipis. Bahkan, Samsung telah meremas kekuatan layar ke dalam kotak sambungan tahun ini juga, jadi sekarang hanya ada satu kabel yang masuk ke layar. Ini berarti kotak koneksi eksternal harus bertumbuh sangat dibandingkan dengan versi tahun lalu. Tapi saya rasa itu hanya bisa duduk di rak kit Anda bersama dengan pemutar Blu-ray 4K dan konsol game.

Fitur Tv Pintar

Sementara sistem Smart TV 65Q9FN berbasis dekat platform Eden Samsung telah sibuk menyempurnakan selama beberapa tahun terakhir, mengharapkan beberapa potongan baru lezat yang menambah pengalaman tanpa mengambil apa pun.

Sebagai permulaan sekarang ada kompatibilitas dengan platform Samsung SmartThings, yang menyediakan hub layar untuk memantau dan bahkan mengendalikan perangkat pintar lainnya (lemari es, mesin cuci, lampu dll) di jaringan Anda.

Ada juga integrasi yang jauh lebih baik pada daftar TV dan siaran langsung ke fitur penelusuran konten TV: Sekarang ada rekomendasi acara jam demi jam, misalnya, serta acara TV semakin menonjol dalam menu penjelajahan konten.

Samsung telah menghadirkan interaktivitas yang ditingkatkan dengan smartphone dan tablet Anda juga, serta beberapa fitur game baru yang sangat keren.

Sudah aktif dan berjalan adalah mode Permainan Otomatis yang dapat mendeteksi saat Anda memainkan konsol atau game PC dan secara otomatis mengalihkan layar ke mode gambar Game yang merespons dengan cepat. Mode ini bahkan dapat memberi tahu apakah Anda menggunakan konsol Anda untuk memainkan game atau aplikasi video, dan menyesuaikan diri sesuai dengan itu.

Karena akan diluncurkan nanti di tahun ini adalah fitur Variable Refresh Rate yang akan memungkinkan TV untuk terus menyesuaikan laju bingkainya agar sesuai dengan yang dihasilkan oleh game apa pun yang Anda mainkan. Ini akan menghapus masalah layar ‘merobek’ yang terkait dengan game yang sedang berjalan pada frekuensi gambar yang berbeda ke layar Anda, serta tampaknya mengurangi jeda input (waktu yang dibutuhkan layar untuk merender gambar) ke 7ms yang sangat rendah.

Bahkan menggunakan Mode Game dalam inkarnasinya saat ini menghasilkan pengukuran masukan input yang sangat rendah sekitar 15ms rata-rata. Bahkan jika Anda memilih untuk menggunakan opsi Game Motion Plus baru (yang bermanfaat memungkinkan Anda mempertahankan beberapa pemrosesan gerak TV saat bermain game), lag input hanya merangkak hingga 34ms yang masih sangat terhormat.

Presentasi dua layer dari homescreen Eden 2.0 terus menjadi efektif. Cara seperti Apple TV lapisan atas menyediakan tautan konten langsung yang terkait dengan aplikasi yang Anda pilih di lapisan bawah membuktikan cara hebat untuk menyediakan akses cepat ke banyak konten tanpa mengambil alih terlalu banyak layar real estat.

Samsung terus mengesankan, juga, dengan jumlah aplikasi yang ditawarkannya. Versi 4K dan HDR dari Netflix, Amazon Prime, dan YouTube hadir dan benar, sebagai permulaan, ditambah pemilik UK mendapatkan aplikasi mengejar untuk semua empat penyiar TV terestrial utama negara.

Perlu ditambahkan, akhirnya, bahwa pengenalan suara dan fungsi kontrol Samsung terus menjadi sangat mengesankan dan membantu – bahkan jika pesaing tahun ini terlihat ingin mengejar ketinggalan.

Suara

Meskipun audio 65Q9FN tidak sebagus gambarnya, itu masih merupakan suara terbaik yang kami dengar dari TV Samsung selama bertahun-tahun.

Ini cukup kuat, sebagai permulaan, untuk menggabungkan volume yang sangat ekstrim dan rentang dinamis yang lebar tanpa terdengar teredam atau terdistorsi. Ini juga berhasil memproyeksikan suaranya dari bodywork TV, menciptakan ruang audio tiga dimensi yang memiliki kedalaman, lebar, dan tinggi.

Dialog terdengar jernih dan terkunci di layar, di mana seharusnya, dan Anda dapat mendengar banyak detail halus – terlepas dari fakta bahwa set speaker yang cukup tidak terlihat juga memberikan lebih banyak bass daripada yang paling banyak dibangun di sistem suara TV.

Perlu disebutkan di sini juga, adalah fitur Smart Sound baru dari Samsung. Ini menganalisis suara yang masuk dan secara otomatis menyesuaikan kualitas suara agar sesuai dengan jenis konten yang Anda tonton. Misalnya, ini akan mengadopsi nada suara bergaya stadion jika Anda menonton olahraga, atau nada ramah film jika Anda menonton film. Sistem ini juga menyetarakan level suara di input yang berbeda.

Menarik perhatian meskipun terdengar di atas kertas, Smart Sound ternyata menjadi fitur brilian yang tak terduga, membuat semua yang Anda tonton terdengar jauh lebih baik tanpa Anda perlu menyentuh menu penyesuaian suara apa pun.

Satu-satunya keluhan kami tentang audio 65Q9FN adalah nada yang sangat nyaring dapat menyebabkan buzz sesaat dari sasis TV. Namun, saat ini adalah hal terburuk yang dapat Anda temukan pada kinerja suara TV yang datar, Anda tahu bahwa Anda umumnya berada di wilayah yang sangat positif!

Harga Dan Tanggal Rilis

Samsung Q9FN TV 65-inci dikenal dengan nama yang berbeda tergantung di mana Anda tinggal. Di AS, itu disebut Samsung QN65Q9FN QLED TV, sementara di Inggris Anda akan melihatnya terdaftar sebagai Samsung QE65Q9FN.

Mengenai harga, Samsung Q9FN QLED TV akan mahal dalam ukuran apa pun. TV 4K 65 inci memulai segalanya dengan harga $ 3,800 (sekitar £ 2,720, AU $ 4,835) – dan tersedia mulai tanggal 25 Maret.

Q9FN 75 inci belum tersedia untuk dipesan. Tapi Q9F tahun lalu saat ini dijual seharga $ 7.000 (sekitar £ 5.000, AU $ 8,900), dan itu setelah diskon yang cukup besar. Sayangnya, tidak ada ukuran Q9FN 55 inci yang lebih murah dengan harga yang lebih menggiurkan.

Langkah selanjutnya, Samsung Q8FN, dengan perbandingan, adalah $ 2999 (sekitar £ 2.200, $ AU4.000). Jika itu membantu, Samsung No Wall Mount masuk disertakan dengan Q9FN yang lebih mahal. Itu adalah pembelian terpisah pada model lain.

Kesimpulan

Samsung QLED TV (65Q9FN) Termasuk Tv yang pintar karena sekarang ada fitur platfrom samsung smart things, yaitu bisa memantau dan mengendalikan perangkat pintar lainya (lemari es, mesin cuci, lampu).

Ada juga fitur baru yaitu mode ambien dirancang untuk mengkonsumsi listrik minimal. walaupun suara samsung QLED tidak sebagus gambarnya, itu masih merupakan suara terbaik dari tv samsung selama bertahun-tahun dan sekarang ada tambahan fitur smart sound baru dari samsung. Fitur ini kerjanya ialah menganalisis suara yang masuk dan secara otomatis menyesuaikan kualitas suara agar sesuai dengan jenis konten yang ditonton.

Walaupun harga agak mahal sekitar Rp 97 jutaan namun harga tersebut sesuai dengan kualitas QLED Tv yang sangat pintar tersebut. Rekomen buat para pecinta Tv samsung.

Sumber : Techradar.com

Editor : Muhammad Iqbal Riyanto (SMK GATRA PRAJA KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments