Metro Pekalongan

H-5, Arus Mudik Masih Lancar

Pekerjaan Jembatan Grogolan

PEKERJAAN – Kanit Dikyasa Satlantas Polres Pekalongan Kota Ipda Budi Winarso bersama anggotanya memantau proses pekerjaan pelebaran Jembatan Grogolan, Sabtu (9/6), sedangkan arus lalin terpantau padat namun ramai lancar.
WAHYU HIDAYAT

KOTA PEKALONGAN – Hingga hari Ahad (10/6) atau H-5 lebaran, arus mudik yang melintasi jalur pantura Kota Pekalongan masih ramai lancar. Belum terjadi kemacetan parah arus mudik. Sistem 3-1 untuk arus dari barat ke timur sampai siang kemarin juga belum diberlakukan di pantura Kota Pekalongan.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu, melalui Kasatlantas AKP Firdaus Yudhatama menjelaskan, masih lancarnya arus mudik ini salah satu faktornya karena kendaraan sudah dilewatkan di jalur tol fungsional.

PADAT PADA MINGGU MALAM

Hanya saja, menurut Kasatlantas, mulai Minggu siang kemarin pada tol Cikampek sudah diberlakukan kontra flow. “Sehingga pada Minggu malam diperkirakan kendaraan akan sampai di wilayah Jawa Tengah. Cara bertindaknya, apabila arusnya sangat padat dan tol fungsional sudah tidak bisa menampung lagi, maka akan dikeluarkan di exit tol Gandulan, Pemalang,” katanya.

Dengan begitu, maka kendaraan pemudik akan melewati pantura Kota Pekalongan. Sedangkan Kota Pekalongan tidak memiliki jalur lingkar. Maka apabila arus lalin padat, rekayasa arusnya adalah kendraan akan dilewatkan ke jalur alternatif. “Misalnya jalur alternatif melewati Jalan Kimangunsarkoro dan tembus di belakang terminal, kemudian menuju jalur pantura,” tuturnya.

Imbau Hati-Hati

Sementara itu, Kasatlantas melalui Kanit Dikyasa Ipda Budi Winarso mengimbau kepada para pengendara, khususnya para pemudik yang melintasi ruas jalur pantura Kota Pekalongan disarankan untuk berhati-hati. Khususnya ketika melewati Jalan Jendral Sudirman.

Pasalnya, di Jalan Jendral Sudirman Kota Pekalongan sedang ada proyek pelebaran jembatan Grogolan. Material proyek di tepi jalan bisa saja mengancam keselamatan jiwa pengendara terlebih saat melintasi di malam hari dengan minim penerangan jalan. Sebagaimana yang tepantau pada Sabtu (9/6).

Sedangkan untuk sisi utara jembatan dilakukan peremajaan pada trotoarnya. Di Jembatan Grogolan ini terjadi penyempitan jalan, yang mengakibatkan penumpukan arus kendaraan dari kedua arah. “Para pemudik agar lebih berhati-hati saat melintasi jembatan grogolan, mengingat kondisi jembatan sedang dalam pelebaran dan arus lalu lintas yang cukup padat dari kedua arah,” imbaunya.

Sebagaimana diketahui, pelebaran Jembatan Grogolan sudah direncanakan sejak lama. Pelebaran dilakukan pada sisi selatan jembatan selebar kurang lebih 4,6 meter, dan panjang kurang lebih 50 meter.

Adapun rencana rekayasa lalu lintas yang dilakukan, apabila arus lalin benar-benar padat, maka kendaraan dari arah barat dialihkan ke jalan Hayamwuruk, lalu ke Jalan Dr Cipto, Jalan Dr Wahidin kemudian ke Jalan Dr Sutomo (pantura). Sedangkan pemudik dari arah timur tidak ada perubahan. (way)

Facebook Comments