Neutron Yogyakarta
Features

Dari Pantauan, Arus Pantura Terpantau Aman

Pantau Arus Mudik

PANTAU – Bupati Pekalongan Asip Kholbihi bersama Wakil Bupati Arini Harimurti dan jajaran Forkompinda, memantau pos pelayanan mudik lebaran di Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Jumat lalu.
MUHAMMAD HADIYAN

Mengikuti Kegiatan Forkominda Memantau Arus Mudik

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) melakukan pemantauan ke beberapa pos pengamanan untuk melihat kondisi arus mudik di Kabupaten Pekalongan, kemarin. Seperti apa? M Hadiyan, Kajen

Arus mudik di jalur Pantura Kabupaten Pekalongan, sampai Minggu kemarin (10/6) terpantau aman dan lancar. Aktivitas kendaraan tidak terlalu padat, karena fungsional jalan tol sudah dapat berlangsung secara baik.

Meski demikian, Pemkab Pekalongan, Polres, dan Kodim 0710 Pekalongan, melakukan pengamanan maksimal, baik pada ruas jalur tol di Bojong, maupun jalur Pantura perbatasan Pemalangan hingga Kota Pekalongan, dengan penempatan pos, serta personil masing-masing pihak.

Pantauan langsung ke titik-titik padat dilakukan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, bersama Kapolres AKBP Wawan Kurniawan, Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu, dan Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Muhammad Ridha. Dari pantauan itu, kondisi arus mudik di Kabupaten Pekalongan dinyatakan aman.

Bupati Asip Kholbihi mengungkapkan, pihaknya bersama Forkompinda dan Kapolres Pekalongan Kota, melakukan pengecekan juga Posko Lebaran yang diinisasi Pemkab Pekalongan, untuk memberikan pelayanan pemudik.

“Ada beberapa titik posko genting di kajen, kepadatan Pasar Kajen, Pemudik dari exit Bojong untuk menuju Purbalingga, Wonosobo, Temanggung, dan daerah selatan lainnya. Di Posko ini lengkap dengan layanan kesehatan dan lainnya, termauk posko lokal di Kedungwuni untuk mengruai kemacetan setempat,” kata bupati.

Selain itu, Posko di Pantura yang merupakan perbatasan Pemalang dan Pekalongan juga lengkap, karena Kabupaten Pekalongan merupakan titik lelah. Sehingga posko dibuat secara maksimal, termasuk posko representatif di International Batik Centre Wiradesa.

Tak hanya posko, jalur-jalur alternatif juga dipersiapkan secara banyak, bagi pemudik yang akan menuju Batang dan wilayah Selatan. Bahkan jalur alternatif juga berjumlah banyak serta dalam kondisi bagus.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan menambahkan, pengamanan arus mudik di Pekalongan diperhatikan secara keseluruhan dan maksimal, baik tol maupun Pantura. Seluruh personil juga telah siap pada jalur perbatasan Pemalang dan Kota Pekalongan.

Sementara Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Muhammad Ridha menambahkan pihaknya juga menyiapkan patroli dan akan bersama Polres dan Pemkab melakukan pengamanan baik kemacetan maupun kejahatan yang terjadi. (yan)

Facebook Comments