Neutron Yogyakarta
Radar Kajen

Puluhan Ribuan Kendaraan Melintas

Arus Mudik Tol Fungsional

PUNCAK – Pada puncak arus mudik lebaran 1439 hijriyah, yang jatuh pada Minggu (10/6), tercatat ribuan kendaraan melintas di Jalur Kota Santri baik Tol Fungsional ataupun jalur Pantura.
TRIYONO

Minggu, Puncak Arus Mudik

Puncak arus mudik lebaran 1439 hijriyah pada Minggu (10/6). Tercatat, puluhan ribu kendaraan melintas di Jalur Kota Santri baik Tol Fungsional ataupun jalur Pantura. Meski puncak arus mudik, namun kondisi arus lalulintas masih terpantau lancar.

Informasi dihimpun, setelah perkantoran khususnya ASN masuk terakhir pada Jumat (8/6), banyak masyarakat yang memanfaatkan momen lebaran untuk mudik lebih cepat. Selain itu libur panjang kenaikan anak sekolah juga mempengaruhi kondisi arus mudik lebaran 1439 hijriyah.

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan, Polres Pekalongan juga telah menyiagakan sejumlah personil pengurai kemacetan baik di jalur Tol ataupun Pantura. Tak hanya itu saja, sejumlah Pos Pengamanan juga didirikan di sejumlah titik rawan.

Kasatlantas Polres Pekalongan, AKP Boby Anugerah Rahman, kepada Radar Minggu (10/6) menyatakan bahwa situasi arus lalin di wilayah hukum Polres Pekalongan terpantau arus lalin dari arah barat ke timur ramai lancar, tidak terjadi kepadatan yang berarti. Adapun kecepatan kendaraan diperkirakan 50 km/jam.

“Sampai saat ini semua jalur arus mudik terpantau arus lalin dari arah timur ke barat lancar, tidak terjadi sendatan dan kecepatan 50 km/jam,” terangnya.

Diterangkan Kasatlantas untuk jumlah kendaraan yang memasuki jalur Kabupaten Pekalongan sekira pukul 10.00 wib tercatat, truk sebanyak 14.937 kendaraan, bus 12.516, Pick up 1.816, mobil pribadi 21.868 dan sepeda motor roda 2 sebanyak 42.798 kendaraan.

“Sedangkan untuk jumlah kendaraan yang memasuki jalur tol fungsional kecepatan 50km/jam yaitu sebanyak 1.032 mobil pribadi dan pick up sebanyak 70 kendaraan,” lanjutnya.

Terpisah, salah seorang pemudik asal Pekalongan, Rasjo, mengatakan bahwa dengan adanya Tol Fungsional kini sepanjang Pantura tidak terjadi kemacetan. Namun kendalanya pada malam hari Tol Fungsional masih minim penerangan sehingga warga masih binggung.

“Arus lancar dan alhamdulilah bisa cepat sampai tujuan meskipun sempat harus mutar keluar di Warungasem Batang,” ungkapnya. (yon)

Facebook Comments