Radar Batang

Lebih Dari 90 Nomor Siap Ramaikan Lomba Dayung Tradisional

Lomba Dayung Tradisional

NGABUBURIT – Beberapa tim dayung memanfaatkan waktu ngabuburit untuk berlatih mengikuti lomba dayung tradisional Syawal nanti.
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Event tahunan Lomba Dayung Tradisional Batang baru akan digelar H+1 Idul Fitri nanti. Meski begitu serangkaian persiapan sudah mulai terlihat di sekitar Desa Klidang Lor Batang. Tahun ini sendiri sudah ada lebih dari 90 Nomor yang akan mengikuti lomba.

Hal ini seperti yang disampaikan Panitia Penyelenggara Lomba Dayung Tradisional, Much Dhorun saat diwawancarai, Minggu (10/6). Pihaknya mengaku tidak akan memberikan batas maksimal peserta. Karena menurut pihaknya semakin banyak peserta lomba tahunan ini lebih menarik.

“Sampai saat ini ada lebih dari 90 nomor yang sudah mendaftarkan diri. Jadi maksudnya nomor itu satu tim bisa mendaftarkan lebih dari satu nomor asal mampu mengikuti lomba. Dan kami sendiri tidak ada rencana untuk membatasi peserta. Karena semakin ramai semakin menarik, dan semakin bisa meningkatkan silaturahmi antar peserta,” terang Much Dhorun.

Diterangkan, pihaknya sendiri berharap lomba dayung ini bisa menjadi event tahunan yang memberikan manfaat bagi banyak pihak. Selain menjadi destinasi wisata unik selama lebaran, lomba dayung sendiri sebenarnya menjadi ajang silaturahmi bagi masyarakat nelayan Batang.

“Sebenarnya tradisi ini bermula untuk sarana silaturahmi masyarakat nelayan Klidang Lor. Karena momentum bulan Syawal sendiri merupakan momentum silaturahmi dimana sebelumnya beberapa di antara nelayan mungkin sedang melaut ke luar Batang. Dan baru datang dan bisa bertemu ketika lebaran,” terangnya.

Momen Ramadan pun dijadikan para tim untuk melatih diri jelang peringatan lomba. Tim-tim tesebut biasanya melakukan latihan uji coba di bantaran Sungai Sambong. Baik di waktu ngabuburit ataupun seusai melakukan Salat Tarawih.

Hal ini seperti diutarakan Ketua Tim Dewa Krisna, Sayidi didampingi anggotanya, Iko. Tahun ini, tim yang dua tahun terakhir berhasil menyabet juara ini mendaftarkan lima nomor. Pihaknya berharap bisa mendapatkan hatrick dengan membawa pulang piala tahun ini.

“Ramadan ini banyak sekali tim yang berlatih untuk menghadapi loma dayung lebaran nanti. Tapi biasanya tim kami berlatih usai salat tarawih. Tapi kalau di dekat Klidang Lornya sendiri ada juga yang sambil ngabuburit. Target kami, kami bisa mempertahankan juara. Karena kalau juara kami bisa membawa pulang trofi juara tetap. karena dua tahun berturut-turut kami berhasil jadi juaranya,” harap Sayidi. (nov)

Facebook Comments