Neutron Yogyakarta
Radar Kendal

Dibuka, Tol Dipadati Pemudik

Dibuka, Tol Dipadati Pemudik

DIPADATI – Paska jalur tol fungsional Semarang-Batang dibuka H-7, terpantau di pintu masuk Tol Simpang Susun (SS) Weleri mulai padat kendaraan pemudik.
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

*CB I Diberlakukan Contra Flow

KENDAL – Jalur Tol Fungsional Semarang-Batang langsung dipadati para pemudik paska dibuka secara resmi, kemarin. Terpantau, kepadatan terlihat di pintu masuk Tol Simpang Susun (SS) Weleri. Lonjakan terjadi lebih awal dikarenakan libur panjang pada Sabtu (9/6) (hari ini,red).

Kapolres Kendal, AKBP Adiwijaya, di sela-sela pantauan bersama Forkompinda, mengatakan, sebagai antisipasi penumpukan kendaraan diberlakukan contra flow.

“Tol fungsional sudah digunakan. Cara Bertindak (CB) yang digunakan, dilakukan contra flow dengan batang. Kendaraan yang dari tol arah Jakarta itu keluar setelah flyover Tol Batang, sehingga berputar ke kiri kemudian masuk ke pantura sehingga tidak ada crossing dengan jalur yang dari Semarang-Jakarta,” katanya.

Kapolres menjelaskan bahwa bila arus Jakarta ke Semarang bertambah padat maka akan dilakukan cara bertindak yang ke dua. “Ini cara bertindak yang pertama kami lakukan sehingga tidak ada crossing,” jelasnya.

Diungkapkan, personil pengamanan operasi ketupat di Weleri diperbantukan dari anggota polri yang disekolahkan berjumlah 45 personil. Kemudian, dari Brimob 15 personil. Mereka bersenjata lengkap mengamankan anggota yang melaksanakan tugas. “Karena dengan situasi kondisi keamaan saat ini sehingga Brimob bersenjata lengkap mengamankan personil yang melaksanakna tugas operasi,” tandas dia.

Sementara, Sekda Kendal, Moh Toha, mengatakan, pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Perhubungan akan menambah rambu-rambu penunjuk arah yang dapat mempermudah bagi pemudik. Rambu penunjuk arah itu akan dipasang di jalur pantura sebelum masuk ke jalur tol fungsional. “Rambu penunjuk arah nanti kita tambah. Jika ada pemudik tujuan Yogyakarta dan hendak lewat jalur alternatif Sukorejo, Temanggung, maka bisa langsung ambil sesuai penunjuk arah masuk kota Weleri. Kalau tak ada penunjuk arahnya dan pemudik sampai jauh masuk jalan tol fungsional kan kasihan nantinya,” kata dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments