Radar Kajen

Tol Resmi Dibuka Bagi Pemudik

Tol Dibuka

DIFUNGSIKAN – Jalur Tol Pemalang-Kabupaten Pekalongan-Batang sudah bisa digunakan bagi pemudik dari arah Jakarta menuju Semarang. Jalan tersebut mulai bisa diberlakukan Jumat (8/6) pagi.
TRIYONO

Tiap Jam Pengguna Hampir Ribuan Kendaraan Melintas

Ruas Jalan Tol Pemalang – Kabupaten Pekalongan – Batang, Jumat (8/6), secara resmi dibuka untuk digunakan bagi para pemudik dari arah Jakarta- Semarang. Tercatat tiap hampir ada ribuan pengguna kendaraan yang melintas di Jalur Tol Kabupaten Pekalongan.

Jalan Tol Fungsional Kabupaten Pekalongan mulai bisa digunakan bagi pemudik sekira pukul 06.00 wib. Dalam penggunaan jalan tol tersebut, kendaraam tidak diperbolehkan melaju lebih dari 60 kilometer/ jam. Karena selain minimnya rambu, juga untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di jalan tol. Apalagi di Ruas Tol Kabupaten Pekalongan tidak tersedia res area.

Kasat Lantas Polres Pekalongan, AKP Bobby Anugrah Rachman, menjelaskan, Jalan Tol sudah bisa digunakan bagi pemudik dari arah Jakarta – Semarang. Dalam mengantisipasi terjadinya kemacetan secara berkala ada anggota ang melakukan patroli.

“Jajaran Polres Pekalongan sudah menerjunkan sejumlah personelnya yang tergabung dalam Satgas Kamtibcar lantas untuk melakukan patroli menggunakan mobil maupun motor ke jalur tol. Mereka bertugas membantu masyarakat yang kendaraannya bermasalah di sana mereka menyiapkan dongkrak, kalau ada gembos ban, kemudian ada juga yang membawa bensin guna antisipasi apabila ada kendaraan pemudik yang mogok karna kehabisan bahan bakar,” terang Kasat Lantas AKP Bobby.

Terpisah, anggota Dikyasa Satlantas Polres Pekalongan, I Gede mengatakan bahwa sejak diberlakukan untuk pemudik, jalan tol terlihat lancar tanpa adanya kemacetan. “Dalam satu jam tercatat dari data perhubungan sejak pukul 11.00 sampai 12.00 WIB kendaraan yang melintas di Pos arus midik Babalan tercatat ada 952 unit. Kemudian Pukul 12.00 sampai 13.00 wib mengalami penurunan menjadi 563 unit kendaraan dan diprediksi nanti sekira pukul 14 00 sampai 16.00 wib akan terjadi peningkatan kendaraan,” terangnya.

Untuk itu ia mengimbau kepada pengguna jalan Tol agar tetap hati- hati dalam perjalanan. Karena Jalur Tol Kabupaten Pekalongan ini merupakan titik lelah bagi pemudik dari arah Jakarta.

“Apabila lelah atau mengantuk lebih baik cari tempat istirahat di res area terdekat, dan apabila kendaraan mengalami kendala agar menepi sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain,” imbaunya.

Terpisah, Humas PBTR, Nurudin Zakaria menambahkan bahwa pembukaan jalur tol fungsional sudah mulai dibuka. “Uji coba akan disesuaikan dengan kroditnya brexit dan steril dilakukan oleh instansi terkait,” imbuhnya. (yon)

Facebook Comments