Radar Batang

Guyub, Tazakka Gelar Buka Bersama dengan Warga Tumbrep

Buka Puasa Tazakka

GUYUB – Suasana buka puasa bersama Tazakka di Kemejing, Cepoko, Tumbrep, Kecamatan Bandar berlangsung guyub, Kamis (7/6).
AKHMAD SAEFUDIN

BANDAR – Suasana guyub mewarnai acara buka puasa bersama yang digelar Pondok Modern (PM) Tazakka di Kemejing, Cepoko, Tumbrep, Kamis (7/6) lalu. Kegiatan itu semakin mengeratkan ukhuwah yang sudah terbangun selama ini, sehingga terbina hubungan yang manfaat dan memberkahi.

Masyarakat tampak antusias menghadiri acara buka puasa bersama. Kades Tumbrep Sutoyo juga hadir bersama para kiai dan ustadz, tokoh masyarakat dan tokoh muda setempat. Hidangan menu nasi kebuli, nasi ayam goreng, es campur, aneka jajanan hingga gorengan menambah rahatnya susasana.

Pimpinan PM Tazakka, Kiai Anizar Masyhadi, menjelaskan hakikat syukur dan puasa. Kata dia,
dengan puasa, kita akan menjadi orang bertaqwa, jika sudah mencapai derajat taqwa, maka Allah akan memberinya jalan keluar, dipermudah urusannya dan menjadi orang yang paling mulia di sisi Allah.

Kepala Desa Tumbrep menyampaikan rasa terima kasih, selama ini Tazakka dengan masyarakat Tumbrep sudah menyatu, saling mendukung dan menguatkan dan sering membantu.
Kades lebih lanjut menjelaskan, bahwa permasalahan terakhir yaitu rencana peternakan sapi PT KJR di Cepoko Tumbrep sudah final, Masyarakat Tumbrep Menolak.

“Belum lagi Undip akan membangun kampus di sini, maka Tumbrep akan ramai, menjadi desa pendidikan,” ucap Sutoyo.

Hal itu dipertegas Gus Anizar dalam closing statement. Menurutnya, pendidikan adalah proyek investasi jangka panjang, karena yang dibangun dan disiapkan adalah SDM generasi mendatang. Belum lagi, keberadaan kampus bonavit juga akan efektif menyerap lapangan kerja, serta mendorong pertumbuhan simpul-simpul ekonomi.

“Bupati Batang Pak Wihaji dalam berbagai kesempatan juga menyampaikan, bahwa Bandar kota destinasi/tujuan pendidikan”, tutupnya.

Momentum ramadhan dimanfaatkan dengan baik oleh Tazakka mengadakan buka puasa bersama di sejumlah tempat, seperti Sidayu, Batang, Pekalongan, Bandar, Limpung, Tulis dan sejumlah tempat lainnya.

Yusuf, tokoh muda Kemejing Cepoko yang menjadi tempat acara menyampaikan apresiasi ke Tazakka. Kata dia, acara seperti ini baik, untuk merajut ukhuwah, dan merekatkan. “Acara seperti ini harus ditradisikan dan saya berharap tahun depan bisa diadakan dan lebih besar lagi,” harapnya.

Humas Tazakka, Edi Buana, mengungkapkan, melihat keguyuban warga dengan Tazakka, Tazakka akan mengupayakan agar acara buka puasa bersama itu menjadi agenda rutin tahunan. Sejauh ini, tradisi itu telah dilakukan Tazakka di beberapa daerah, bahkan dengan ukuran yang lebih besar serta dibarengkan dengan kegiatan sosial. “Alhamdulillah, tahun ini Tazakka membagikan lebih dari 500 an parsel untuk dhuafa dan yatim piatu, serta tali asih untuk imam, marbot dan ustadz masjid,” terangnya. (sef)

Facebook Comments