Neutron Yogyakarta
Radar Kendal

Jelang Lebaran, Harga Sembako Turun

KENDAL – Menjelang lebaran biasa harga kebutuhan pokok melonjak tinggi, namun berbeda di tahun ini. Di beberapa pasar Kabupaten Kendal justru harga kebutuhan pokok berangsur turun.

Seperti harga telor yang awalnya Rp28 ribu per kilogram sekarang turun menjadi Rp22 ribu per kilogramnya, Daging sapi yang menyentuh harga Rp110 ribu sekarang turun menjadi Rp100 ribu per kilogramnya, beras yang sebelumnya mencapai Rp12 ribu per kilogramnya sekarang sudah ada yang menjual Rp8 ribu per kilogramnya, bawang merah cenderung masih tetap sekitar Rp28 ribuan per kilogramnya namun untuk bawang putih memang masih terbilang tinggi yakni mencapai Rp60 ribu per kilogramnya, sedangkan cabai masih tetap dikisaran Rp40 ribu per kilogramnya.

Salah satu penjual sembako di Pasar Kendal, Kartijah, mengatakan bahwa secara umum memang harga-harga kebutuhan pokok cenderung stabil bahkan ada beberapa yang turun. Hal tersebut terjadi karena pasokan cukup banyak dan tanaman seperti sayuran cukup melimpah karena cuaca atau musimnya sangat bagus.

“Alhamdulillah harga-harga cenderung turun disaat kebituhan lebaran meningkat, sebagai penjual tentunya saya juga turut senang karena kalau harga murah pembelinya juga banyak. Namun biasanya akan ada kenaikan saat dua hari sebelum lebaran dikarenakan sebagian penjual memanfaatkan momen artinya menaikan harga sendiri karena lebaran,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pembeli di Pasar Kendal, Irawati, mengatakan bahwa penurunan harga bahan kebutuhan pokok tidak terlalu berpengaruh terhadap dirinya lantaran saat puasa kebutuhannya tetap banyak namun sebagai seorang PNS ia sangat bersyukur pemerintah mengeluarkan THR bagi PNS sehingga banyaknya kebutuhan saat puasa dan lebaran dapat terpenuhi. Selain itu Pemkab Kendal sendiri telah memberikan THR beberapa hari lalu dan ia sangat senang disaat daerah lain ada yang tidak mengeluarkan THR.

“Kebutuhan tetap banyak meski harga pada turun ya sama saja tetapi dengan adanya THR lumayan lah kebutuhan lebaran seperti baju baru dan ongkos mudik masih dapat dianggarkan,” ujarnya. (fik)

Penulis: Akhmad Taufik | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments