Neutron Yogyakarta
Radar Pendidikan

Truk BBM dan Sembako Tetap Boleh Melintas

Truk BBM dan Sembako Tetap Boleh Melintas

DILARANG – Pada arus mudik dan arus balik Lebaran, kendaraan pengangkut barang atau kontainer dilarang beroperasi.
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

*Saat Arus Mudik/Balik Lebaran

KENDAL – H-3 lebaran, kendaraan pengangkut barang atau kontainer dilarang beroperasi. Terkecuali kendaraan pengangkut BBM, Sembako, yang diperbolehkan beroperasi pada arus mudik dan arus balik Lebaran.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kendal, Suharjo. kata dia, larangan itu berdasarkan Permenhub Nomor 34 Tahun 2018 tentang Peraturan Lalu Lintas pada Masa Angkutan Lebaran. Hal itu demi memberikan kenyamanan pemudik. Kendaraan berat pengangkut barang maupun kontainer dilarang beroperasi mulai H-3 hingga H-1 atau tanggal 12 – 14 Juni 2018, dan pada H+6 hingga H+8 atau tanggal 22 – 24 Juni 2018.

“Truk dengan berat minimal 14.000 kg (14 ton) dilarang melintas di jalan nasional dan ruas tol. Kendaraan seperti BBM, hantaran pos, bus, dan yang membawa sembako masih diizinkan melintas,” kata dia, Kamis (7/6).

Hal senada diungkapkan Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya. Menurutnya, apabila pada arus mudik dan balik Lebaran terdapat pengemudi kendaraan berat yang nekat melintas maka dilakukan penindakan. Selain itu truk dicarikan lokasi untuk parkir hingga kembali diizinkan melintas.

Untuk petugas gabungan yang bakal mengamankan arus mudik dan balik Lebaran sudah ditempatkan di pos pengamanan dan pos pelayanan. Mereka terdiri atas Polri, TNI, dan Dinas Kesehatan. Unsur lain seperti organisasi radio dan pramuka segera menyusul.

“Lokasi yang bisa digunakan sebagai parkir kendaraan berat antara lain di Terminal Bahurekso Weleri dan sejumlah titik parkir di jalan arteri Lingkar Kaliwungu yang bisa menampung kendaraan besar,” kata dia.

Sementara Kepala Pospam Exit Tol Weleri, AKP Abdullah Umar, mengatakan, arus mudik masih terlihat landai. Tol fungsional di Kendal hingga kemarin siang belum dibuka. “Lampu pengatur lalu lintas di sekitar lokasi telah difungsikan,” kata dia.(nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments