Radar Pendidikan

Berbagi Takjil Budaya HMI

Berbagi Takjil Budaya HMI

MEMBAGIKAN – Anggota HMI Komisariat Ki Hajar Dewantara membagikan takjil kepada masyarakat di sekitar Lapangan Jetayu, Rabu, (6/6).
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

*HMI Komisariat Ki Hajar Dewantara

KOTA – Berbagi takjil ketika bulan Ramadan menjadi budaya bagi organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Ki Hajar Dewantara (KHD) Cabang Pekalongan. Pasalnya, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun ketika bulan puasa. Yang terbaru, HMI Komisariat KHD membagikan takjil kepada masyarakat di sekitar Lapangan Jetayu, pada Rabu (6/6).

Ketua HMI Komisariat KHD, Sulistiyo Dyan, menuturkan takjil dibagikan kepada masyarakat yang melintas, pengendara motor, dan para pedagang di kawasan Lapangan Jetayu. Pembagian takjil dilakukan sebagai bentuk kepedulian kader HMI kepada warga yang tidak sempat berbuka.

“Kami membagikan takjil kepada masyarakat sekitar agar mereka bisa bergegas membatalkan puasanya bila adzan sudah berkumandang. Berbagi takjil ini sudah menjadi budaya di komisariat kami, supaya kepedulian anggota meningkat,” ujarnya kepada Radar, Rabu (6/6).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini HMI Komisariat KHD berencana untuk menggelar kegiatan Berbagi Takjil dan Buka Bersama santriwan-santriwati di TPQ/Madin Walisongo di daerah Sragi pada 11 Juni mendatang.

Selain berbagi takjil, HMI Komisariat KHD juga menggelar lapak taman baca di Lapangan Jetayu. Kegiatan ini turut melibatkan para pemuda yang tidak menjadi anggota HMI. Manurut Sulistiyo, sapaan akrabnya, masyarakat dilibatkan agar para pemuda juga memiliki rasa peduli terhadap lingkungannya.

“Kami ingin mengajak para pemuda untuk terlibat, sehingga kepedulian tidak hanya dimiliki oleh segelintir orang saja, tetapi juga setiap pemuda di masyarakat. Rencananya, lapak literasi akan kami lanjutkan setiap seminggu sekali dengan tempat yang berpindah-pindah. Semoga kegiatan seperti bisa istiqomah setiap tahun,” pungkasnya. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments