Neutron Yogyakarta
Fashion

Modifikasi Sepatu New Balance 870 v4

Sepatu ini disimpulkan oleh Runner’s World sebagai sepatu yang “bisa bikin semua orang senang”. Ah, masa sih? Sekarang setelah saya pake lari total 50 mil (sekitar 80km).

sebagai pelari midfoot / forefoot striker saya butuh sepatu yang solnya lebih empuk di bagian depan untuk mengakomodir kondisi kaki, khususnya di bagian metatarsal,

saat jarak tempuh sudah 15 km ke atas.
ternyata struktur kaki saya ada slight / mild pronation. Kalau lari jauh, terasa mata kaki sisi dalam nyeri hingga ke kulit. Serupa tapi tak sama dengan kondisi flat feet.

Meski ciri-cirinya mirip, tapi kebutuhannya beda.

1.Solnya empuk di bagian depan dengan harapan metatarsal bisa terhindar dari stress fracture.
2.Tipe stability dengan cushioning atau alternatifnya tipe netral dengan solnya yang tidak terlalu empuk.
3.Ukuran sepatu bisa mengakomodir kaki yang memuai akibat lari.

Kita bisa beruntung bisa mencobanya beberapa model sepatu

-Kesan yang saya rasakan adalah bobotnya ringan di banding dengan sepatu lain dan solnya terlihat tebal dan berbanding dengan keempukannya, terutama saat di pakai berlari.

-Sol tengah sepatu didominasi warna putih yang bernama Revlite, terasa empuk di bagian tumit berwarna hijau dengan Abzrob, kalau ditekan tersa empuk dari Revlite. Abzrorb berfungsi meredam heel strike dan mengalirkan kaki dengan mulus menuju fase toe off.

-Kembali ke Sol tengah, di sisi dalam terlihat media post berwarna biru tanpa ada nama khusus. kalau ditekan terasa lebih keras dibandingkan Revlite. Meski cukup besar tapi tidak terasa instrusif saat berdiri,berjalan atau berlari.

-Di bagian tumit terasa semacam cangkang yang bernama Asym Counter. Cangkang ini membuat kaki saya terasa lebih kokoh, tidak mudah menekuk ke samping. Secara teori, kombinasi medial post dan cangkang ini bisa mengakomodir pronasi kaki.

-Sol luar 870 v4 ini berbahan karet yang paling keras , terlihat cukup tahan lama cukup bagus untuk permukaan umum. Bahan uppernya bernama Fantom Fit cukup ringan dan tervatilasi baik sehingga kaki tidak panas atau lembab.

-tali sepatu dapat sedikit meregang namun terasa agak tipis dan kuat di bandingkan tali sepatu lain.

-Ukuran lebar adalah 2E, dan sudah di modifikasi dengan design produk.

Ringan
Sol depan empuk dan bouncy
Bisa untuk semua jenis foot strike
Mengakomodir kondisi mild pronation
design yang bagus
warna design

Sumber: gorboman.wordpress.com

Editor: Budi Prasetiono (SMK GATRA PRAJA KOTA PEKALONGAN)

Facebook Comments