Radar Kajen

Di Tol, Kecepatan Mobil Dibatasi

Kecepatan Tol

DIBATASI – Kecematan kendaraan pemudik yang melintas di jalur tol dibatasi maksimal 60 kilometer/ jam.
TRIYONO

Maksimal 60 Kilometer/ Jam

Ini peringatan untuk para pemudik yang akan menggunakan Jalan Tol Fungsional Pemalang-batang. Pasalnya, pemerintah membatasi kecepatan kendaraan pemudik. Maksimal kecepatan kendaraan 60 kilometer/ jam.

Hal itu dibenarkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ketila melintas di Tol Fungsional Pemalang – Batang. Kata dia, =dari exit Tol Gandulan hingga rest area Kelangdepok tol fungsional yang ada di Jalur Kabupaten Pekalonhan memiliki panjang sekitar 17 kilometer.

“Sudah fungsional, yang 13 kilometer sudah aspal dan 4 kilometer berupa beton, terkait kelayakan untuk tol fungsional kami nyatakan layak namun para pengemudi dibatasi kecapatan berkendara maksimal 60 kilometer perjam,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Menteri PUPR selain melakukan peninjauan kesiapan jalan tol, juga melakukan pengecekan rest area di dua lokasi yaitu Kelangdepok dan Candiareng.

Menurutnya, walaupun masih berstatus fungsional, namun dinyatakan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono jalan tol siap digunakan.

“Jalan tol siap digunakan walaupun statusnya fungsional, nantinya setelah digunakan kemungkinan akan dibongkar tepat di rest area Kelangdepok sepanjang 4 kilometer,” ujarnya.

Dikatakan, untuk fasilitas rest area bisa digunakan mulai tanggal 8 juni mendatang, dan fasilitas sedang di persiapkan.

“Baik dari stan kuliner maupun tempat pengisian BBM sedang disiapkan, kami berharap tanggal 8 Juni mendatang sudah siap difungsikan untul menampung para pemudik yang ingin beristirahat,” imbuhnya.

Sementara Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono menambahkan, kemacetan diprediksi akan terjadi di Jembatan Kali Kuto, dan beberapa titik lainya seperti Kota Pekalongan.

“Jika Jembatan Kalikuto belum selesai pembangunannya diprediksi akan terjadi kemacetan, namun kami akan mengantisipasinya dengan menempatkan beberapa petugas. Di setiap rest area akan ditempatkan 20 anggota kepolisian dan 10 anggota TNI,” terang Irjen Pol Condro Kirono.

Sedangkan untuk pengamanan mudik Lebaran aepanjang jalur tol dan Pantura pihaknya menyiagakan sekitar 600 personil ditambah 100 anggota TNI. Untuk Tol di Kabupaten Pekalongan diprediksi lancar, namun demikian petugas tetap disiagakan disepanjang jalur dengan jarak masing masing 5 kilometer.

“Kalau di tol fungsional kemungkinan tidak akan ada penumpukan arus, namun di pintu keluar tol seperti Gringsing, pintu masuk jalan tol di Krapyak Semarang kemungkinan juga alan terjadi kemacetan,” imbuhnya. (yon)

Facebook Comments