Neutron Yogyakarta
Radar Jateng

Ribuan Botol Miras Digilas

Ribuan Botol Miras Digilas

DIMUSNAHKAN – Ribuan botol berisi Miras dimusnahkan dengan cara digilas menggunakan alat berat di Jalan Proklamasi atau depan Kantor Bupati Purworejo, kemarin.
DOKUMEN

PURWOREJO – Polres Purworejo menyita ribuan botol berisi minuman keras (Miras) berbagai jenis dan merk hasil Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan (KKYD) selama bulan Januari-Mei 2018. Seluruh barang bukti tersebut selanjutnya dimusnahkan dengan cara digilas menggunakan alat berat di Jalan Proklamasi atau depan Kantor Bupati Purworejo, Rabu (6/6).

Proses pemusnahan diawali dengan simbolis pemecahan botol Miras oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Kapolres Purworejo AKBP Teguh Tri Prasetya SIK, perwakilan Kodim 0708/ Purworejo, Ketua FKUB KH R Junaidi Jazuli, serta para pimpinan DPRD. Hadir Forkominda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Kapolres mengungkapkan, terdapat sedikitnya 3.188 botol Miras dan 10 jerigen masing-masing berisi 10 liter Miras yang dimusnahkan. Sebagian besar merupakan Miras produksi pabrikan.

“Ribuan botol Miras ini merupakan hasil KKYD selama Januari hingga Mei 2018 guna menjamin Kamtibmas selama Ramadan dan Idul Fitri 1439 H. Di berbagai daerah luar Purworejo banyak korban akibat Miras, kita bersyukur di Purworejo belum ada,” ungkapnya.

Miras berbagai jenis dan merk itu diamankan dari tangan pengedar di berbagai wilayah hukum Kabupaten Purworejo. Seluruh pemiliknya telah ditindak hingga pengadilan negeri dengan sanksi atau denda tertinggi sebanyak Rp3 juta.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah kabupaten dengan adanya pemberlakukan Perda Miras nol persen sehingga mempermudah kami dalam menindak,” jelasnya.

Kapolres menambahkan, penindakan terhadap Miras akan terus dilakukan tidak hanya saat menjelang Ramadan atau Lebaran. Pihaknya berharap agar masyarakat berbagai elemen dapat terus mendukung upaya Polri. “Cukup kami saja yang diberi weweang oleh undang-undang saja yang bergerak. Masyarakat jangan bergerak sendiri, cukup beri informasi kepada kami jika mendapati adanya peredaran Miras,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Purworejo Agus Bastian menyatakan dukungannya terhadap komitmen Polres untuk memberantas Miras. Selain itu, bersama dinas atau instansi terkait, Polres diharapkan juga tidak memberikan toleransi terhadap peredaran narkoba. “Saya harapkan terus bergerak menindak Miras dan nerkoba,” tandasnya. (top)

Facebook Comments