Neutron Yogyakarta
Radar Pendidikan

Pramuka Bantu Amankan Arus Mudik

Pramuka Bantu Amankan Arus Mudik

APEL – Kegiatan apel untuk pelaksanaan Operasi Ketupat Candi, dalam operasi kali ini Polsek Limpung Menggandeng anggota pramuka Saka Bhayangkara untuk membantu pengamanan arus mudik.
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

LIMPUNG – Mendekati lebaran, arus lalu lintas di pantura mulai padat. Polres Batang akan menggelar kegiatan Operasi Ketupat Candi (OKC). Dan untuk membantu OKC, penggerakan partisipasi masyarakat telah disiapkan oleh Polsek Limpung. Salah satunya pada Saka Bhayangkara Polsek Limpung yang berada di Kecamatan Banyuputih.

Hal ini tampak pada saat Polsek Limpung menggelar Apel Kesiapsiagaan, Selasa (5/6). Apel yang digelar sore menjelang petang di Pos Polisi Banyuputih ini diramaikan dengan hadirnya anggota Pramuka Saka Bhayangkara.

Dalam amanatnya Kanit Binmas Polsek Limpung Polres Batang, H Rofii SH, menyampaikan agar seluruh anggota pramuka mempersiapkan fisik dan mental saat tugas di Pos Pengamanan.

“Ikuti perintah Kapospam, jaga komunikasi antar rekan layani masyarakat sesuai petunjuk tugasnya, laksanakan dengan ikhlas sesuai pengamalan Darma Pramuka,” ujar Rofii.

Ia juga mengajak agar pelaksanaan diatur sesuai jadwal yang sudah direncanakan saling berkomunikasi dengan anggota saka yang berada di jalur pantura.

“Kepada Pamong saka dan Instruktur harap dikendalikan dan diberikan pengawasan kepada anak didiknya, kontrol secara berkala,” tambahnya.

Sementara Pamong saka Bhayangkara Pos Pol Banyuputih, Aiptu Ernawan, menyampaikan penerjunan Pramuka telah direncanakan sebagai agenda tahunan. Pasalnya, kegiatan ini sangat baik untuk kedua belah pihak. Bagi Polres sendiri kegiatan ini bisa membantu pelaksanaan OKC. Sementara itu bagi anggota Pramuka sendiri bisa menjadi sarana pembelajaran jika nantinya berkecimpung di dunia terkait.

“Kegiatan rutin saat pengamanan arus mudik dan balik dilaksanakan oleh pramuka Saka Bhayangkara secara nasional untuk mendukung kepolisian,” katanya.

Terpisah, Kapolsek Limpung AKP Donni Krestanto SKom, menyampaikan dengan hadirnya adik-adik pramuka penegak di lapangan sangat membantu tugas Polisi.

“Kegiatan ini sebagai langkah pembelajaran dan mengaplikasikan Catur Krida Saka Bhayangkara yang telah latihan secara rutin, apel tersebut menunjukkan kesiapan mereka untuk terjun ke lapangan,” pungkasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments