Radar Kendal

Penarikan Zakat Siswa Maksimal Rp30 Ribu

Muhammad Bajuri, Kabag TU Kantor Kemenag Kabupaten Kendal

Muhammad Bajuri, Kabag TU Kantor Kemenag Kabupaten Kendal

KENDAL – Penarikan uang zakat fitrah yang ditarik dari para siswa SD, SMP dan SMA telah ditentukan oleh Kementrian Agama maksimal sebesar Rp30 ribu dan bagi yang kurang dari jumlah tersebut tidak dipermasalahkan. Kabag TU Kantor Kemenag Kabupaten Kendal, Muhammad Bajuri mengatakan batas maksimal penarikan uang zakat bagi siswa maksimal Rp30 ribu sehingga dapat dibelikan beras estimasi per kilogramnya adalah Rp12 ribu.

“Agar tidak menjadi polemik kami tetapkan penarikan uang zakat maksimal Rp30 ribu kalau kurang dari itu tidak masalah namun jika lebih itu jelas melanggar,” ungkapnya.

Ia menambahkan jika dapat pelaksanaannya sejumlah uang Rp30 ribu tersebut di belanjakan untuk beras yang harganya dibawah Rp12 ribu apakah diperkenankan? pihaknya mengatakan bahwa yang namanya zakat itu amanah jika dalam hal ini ada unsur mengambil keuntungan maka kembali lagi pada hati nurani panitia penerima zakat apakah hal itu baik ataukah termasuk dosa.

“Saya tidak dapat menyatakan itu salah atau dosa karena dalam hal ini bukan kapasitas saya namun untuk kasus semacam itu kembali lagi pada hakikat zakat yakni sebuah amanah. Tentunya kami berharap pelaksanaan zakat ini dapat dijalankan dengan baik,” pungkasnya.(fik)

Penulis: Akhmad Taufik | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments