Neutron Yogyakarta
Radar Pendidikan

SMK Ishthifaiyah Nahdliyah Galang Dana, Ajarkan Peduli Sesama

SMK Ishthifaiyah Nahdliyah

MENYERAHKAN – Perwakilan OSIS SMK IN menyerahkan bantuan ke LPBI NU Pekalongan.
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

KOTA – Untuk membantu korban bencana rob di wilayah Pekalongan, SMK Ishthifaiyah Nahdliyah (IN) Banyurip menggalang dana pada Rabu (30/5) pukul 20.00 – 21.30 WIB. Penggalangan dana dilakukan di dua tempat, yakni di pertigaan Podo dan di Lapangan Gemek Kedungwuni. Kegiatan ini diinisiasi oleh OSIS dan Dewan Ambalan Pramuka SMK IN.

Pembina OSIS SMK IN, Irfan Zidny SPd, menuturkan kegiatan galang ini mengajari siswa untuk mempunyai rasa peduli terhadap sesama, sehingga mereka dapat menjadi generasi penerus yang tanggap bencana dan mampu menjaga alam sekitar.

“Kegiatan galang dana oleh OSIS dan Dewan Ambalan Pramuka adalah salah satu tindakan nyata untuk saling membantu antar sesama. Kegiatan ini juga mengajarkan siswa-siswi untuk selalu peduli terhadap kondisi alam sekitar, dan terlebih pada bencana rob di Pekalongan,” ujar Zidny, sapaan akrabnya.

Dijelaskan, dana yang terkumpul dari penggalangan dana dibelanjakan barang-barang kebutuhan pokok, seperti sembako, mi instan, makanan, dan minuman. Seluruh bantuan disalurkan kepada Lembaga Penanggulangan Bencana Indonesia (LPBI) Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan pada Kamis (31/5). Penyerahan bantuan dilakukan oleh Ketua OSIS SMK IN Manarul Hidayat dan Ketua Dewan Ambalan Pramuka Muslimin.

Menurut Muslimin, kegiatan galang dana menjadi momentum yang tepat untuk mempererat tali persaudaraan sesama manusia, khususnya warga Pekalongan.

“Galang dana seperti ini dapat menanamkan jiwa korsa anggota Pramuka dan sekaligus bentuk pengamalan dari Dasadarma Pramuka poin kedua yang bebunyi cinta alam dan kasih sayang sesama manusia,” ungkap Muslimin. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments